Dampak Pelaksanaan KKN Tematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Makassar

Andi Muh Akbar(1*), Syamsul Bakhri Gaffar(2), Kartini Marzuki(3),

(1) Universitas Negeri Makassar Fakultas Ilmu Pendidikan Pendidikan Luar Sekolah
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v2i1.57745

Abstract


ANDI MUH. AKBAR, 2023, Dampak Pelaksanaan KKN Tematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Makassar. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsul Bakhri dan Kartini Marzuki).

 

Penelitian ini menganalisis tentang kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Makassar. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah dampak kebijakan KKN tematik terhadap kemampuan pemecahan masalah mahasiswa pendidikan luar sekolah. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemecahan masalah mahasiswa program KKN tematik, menggali informasi terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi, dan cara mahasiswa dalam mengatasi masalah. Teknik pengumpulan data dalam menelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa PLS yang mengikuti program membangun desa/KKNT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan luar masih belum bagus. Pada dasarnya semua proses penyelesaian masalah dilaksanakan berdasarkan indikator pemecahan masalah. Mulai dari proses identifikasi masalah sampai kepada penerapan solusi permasalahan. Namun meskipun demikian ada beberapa temuan dalam penelitian ini yang menjadi catatan penting dalam proses pelaksanaan program KKNT kedepannya. dan secara garis besar permasalahan yang dihadapi adalah masalah internal seperti keuangan, rendahnya kemampuan sosialisasi, dan seringnya timbul konflik antar sesama. Sementara untuk proses penyelesaian masalah yang berkaitan dengan program dapat diselesaikan dengan menggunakan prosedur pemecahan masalah secara sederhana. Proses pemecahan masalah secara sederhana ini terdiri dari identifikasi masalah, mengumpulkan data, membuat solusi alternatif, mengevaluasi solusi alternatif, dan menetapkan solusi yang paling sesuai. Dari hasil penelitian yang didapatkan peneliti menyimpulkan bahwa mahasiswa program KKNT telah mengikuti prosedur pemecahan masalah, namun dalam pelaksanaannya terkesan dilaksanakan seadanya. Argumentasi peneliti diperkuat oleh rendahnya pemahaman mahasiswa terhadap program yang dilaksanakan.

 

Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Kuliah Kerja Nyata Tematik


Keywords


Pemecahan Masalah, Kuliah Kerja Nyata Tematik

Full Text:

PDF

References


Bessie L. & Carol J. (2015) Leadership Roles and Management Functions in Nursing. Jurnal the critical triad.

Haris, dkk, H. (2021). Petunjuk Teknis Membangun Desa/KKN Tematik (MBKM UNM 2021). 9–25.

Sintiawati, dkk. (2022) Partisipasi Civitas Akademik Dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu. Vol 6 No. 1.

Setiadi, I. (2021). Pembelajaran Melalui Pemecahan Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201.


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Muh Akbar, Syamsul Bakhri Gaffar, Kartini Marzuki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.