PROSES PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PRAKTIK CSR PT. PERTAMINA FUEL TERMINAL BBM DONGGALA (STUDI KASUS HOME INDUSTRY OLAHAN MANGGA DI DESA LOLI OGE)

Fahrur Rozi(1*), Agustari Agustari(2),

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i5.52890

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pemberdayaan masyarakat melalui program CSR yang dilakukan oleh PT. Pertamina Fuel Terminal BBM Donggala terhadap Home Industry olahan mangga, dan menganalisis dampak yang ditimbulkan dari pemanfaatan program CSR tersebut. Upaya tersebut merupakan salah satu penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat lokal sebagai bentuk tanggung jawab sosial dari kehadiran perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan pengambilan informan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif serta keabsahan data yang diperoleh diuji dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa proses dalam pemberdayaan masyarakat melalui program CSR terhadap home industry olahan mangga terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pendampingan, pemasaran produk, serta monitoring dan evaluasi. Sedangkan dampak yang ditimbulkan dari program CSR tersebut adalah berupa dampak sosial ekonomi, yakni merubah pola perilaku anggota kelompok, meningkatkan pendapatan anggota, memberi inspirasi kepada masyarakat di desa lain, dan membuka kesempatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Keywords


Tanggung Jawab Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Potensi Lokal

References


Adi. (2023, Agustus 7). Hasil Wawancara dengan Divisi Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas PT Pertamina Fuel Terminal BBM Donggala [Komunikasi pribadi].

Aditya & Rahadiyand. (2019). Analisis Penta Helix dalam Melihat Keberlanjutan Program CSR Patratura pada Tahun 2017. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 64–149.

Andriani. (2023, Agustus 2). Hasil Wawancara Bersama Ibu Andriani Selaku Ketua Kelompok Home Industry Olahan Mangga [Komunikasi pribadi].

Arifin, Zukhruf, Aziz, A., Manzil, P. L. D., & Zahara, Y. (2020). Mewujudkan Kesejahteraan Petani: Studi Implementasi Program CSR PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Rewulu Terhadap Kesejahteraan Petani. EMPOWER: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 5(1). https://doi.org/10.24235/empower.v5i1.6367

Basri, I. S., & Arifin, R. (2010). Kawasan Agropolitan Kabupaten Donggala dalam Konteks Pengembangan Wilayah dan Sebagai Pusat Pertumbuhan Wilayah Baru. MEKTEK: Majalah Ilmiah, 1, 45–53.

BPS. (2019). Statistik Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Donggala. Badan Pusat Statistik. https://donggalakab.bps.go.id/publication/2019/12/30/572dcd05b32fe550c (diakses pada tanggal 2 September 2023)

BPS. (2022). Presentase Penduduk Miskin Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2020-2022 [dataset]. https://sulteng.bps.go.id/indicator/23/90/1/persentase-penduduk-miskin-menurut-kabupaten-kota.html (diakses pada tanggal 4 September 2023)

Erkad. (2018). Dampak Pertambangan Emas Tradisional Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Hutabargot Nauli Kecamatan Hutabargot, Kabupaten Mandailing Natal) [Universitas Sumatera Utara]. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/3703

Gunawan. (2023, Agustus 6). Hasil Wawancara dengan Community Development Officer (CDO) PT Pertamina Fuel Terminal BBM Donggala [Komunikasi pribadi].

Irma. (2022). Kabupaten Donggala Daerah Termiskin di Sulteng. Media Alkhairat. https://media.alkhairaat.id/kabupaten-donggala-daerah-termiskin-di-sulteng/ (diakses pada tanggal 3 September 2023)

Juhaepa, Sultrawan, H., & Tanzil. (2016). Implementasi Program Corporate Social Responsibility PT. BNP Pada Masyarakat Sekitar Lokasi Perkebunan. Jurnal Neo Societal, 2(4). https://doi.org/10.33772/.v1i2.3401

Manajer. (2023, Agustus 4). Hasil Wawancara dengan Manajer PT Pertamina Fuel Terminal BBM Donggala [Komunikasi pribadi].

Mardikanto, T., & Soebianto, P. (2012). Pemberdayaan masyarakat dalam perspektif kebijakan publik. Alfabeta.

Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UIP.

Moleong, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya.

Pemerintah Indonesia. (2007). Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Lembaran Negara Tahun 2007 Nomor 106, TLN NO.4756, LL SETNEG : 82 HLM. https://peraturan.bpk.go.id/Details/39965 (diakses pada tanggal 3 September 2023)

Prayitno, H. (1987). Pembangunan Ekonomi Pedesaan. LP3ES.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Mulawarman UNiversity Press.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Rafika Aditama.

Sundawi, B. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Wahyuningrum, Y. (2014). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility Terhadap Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat (Studi pada Implementasi CSR PT. Amerta Indah Otsuka Desa Pacarkeling Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan). Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 109–115.

Yaparto, Marissa, Frisko, D., & Eriandani, R. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2019-2011. 2(2), 1–19.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 53 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fahrur Rozi, Agustari Agustari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.