LAPORAN EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN MASYARAKAT EVALUASI PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS PKBM DARUL MUDZAKKIRIN ANTAPANI

Auli Fathan Rosyadi(1), Cucu Sukmana(2*), Uyu Wahyudin(3),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.48323

Abstract


Untuk saat ini, bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan oleh beberapa Negara, keahlian berbahasa Inggris serinkali menjadi acuan untuk melamar suatu pekerjaan. Maka dari itu,program kursus bhasa Inggris menjadi salah satu program yang dicetuskan oleh PKBM Darul Mudzakkirin yang dilaksanakan setiap tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa deskriptis yang berupa ucapa ataupun tulisan, dan model evaluasi yang di gunakan adalah model CIPP (Context, Input, Proccess, Product. Hasil dari pembahasan yang dilaksanakan dengan pihak PKBM Darul Mudzakkirin ini mendapatkan hasil bahwa banyaknya dokumen yang tersedia dan kegiatan program kursus Bahasa Inggris ini memiliki respon yang baik.


Keywords


Bahasa Inggris, kursus, evaluasi CIPP

Full Text:

PDF Untitled

References


Alkin, Marvin C. 1969. Evaluation Theory Development, UCLA CSE Evaluation Comment, Center For The Study of Evaluation, Vol.2, No.1, University of California, Los Angeles.

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul. 2009. Evaluasi Program Pendidikan:Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitzpatrick, Jody, Christie, Christina dan Mark, Melvin M. 2009. Evaluation in Action: Interviews With Expert Evaluators. California: Sage Publications.

Gall, Meredith D., Gall, Joyce dan Borg, Walter R. 2007. Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14

Owen, John M. 2006. Program Evaluation: Forms and Appoaches. Crows Nest: Allen & Unwin.

Roswati. 2008. Evaluasi Program/Proyek (Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Format Usulan), Jurnal Pendidikan Penabur-No.11/Tahun ke-7/Desember 2008. http://www.bpkpenabur.or.id/files/Hal.%206471%20Evaluasi%20Program.pdf. Diambil 1 Juni 2023.

Stufflebeam, Daniel L. dan Shinkfield, Anthony J. 2007. Evaluation Theory, Models, and Application. San Francisco: Jossey-Bass.

Tayibnapis, Farida Yusuf. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Widoyoko, Eko Putro. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran:Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widoyoko, Eko Putro. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran. Available on http://www.umpwr.ac.id/download/publikasiilmiah/Evaluasi%20Program%20Pembelajaran.pdf . Diambil1 Juni 2023.

Wirawan. 2011. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yarbrough, Donald B., et. al. 2010. Joint Committee on Standards for Educational Evaluation: The Program Standards: A Guide for Evaluators and Evaluation Users. California: Sage Publication.


Article Metrics

Abstract view : 457 times | PDF view : 47 times Untitled view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Auli Fathan Rosyadi, Cucu Sukmana, Uyu Wahyudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.