Evaluasi Program Manasik Haji di Pos PAUD Miana V Kota Bandung dengan Model CIPP
(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.48258
Abstract
Pengenalan kepada anak tentang metode pelaksanaan manasik haji sangat penting untuk membentuk karakter keagamaan anak menjadi karakter yang baik dan berbudi luhur. Pelaksanaan Evaluasi Program Manasik Haji ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) karena model ini dapat membantu evaluator dalam mengevaluasi program secara menyeluruh, mulai sari proses perencanaan hingga hasil yang didapatkan nantinya. Evaluasi program ini memiliki dua tujuan yaitu tujuan umum dan khusus dimana tujuan umumnya untuk mengetahui efektivitas program manasik haji terhadap pencapaian perkembangan anak usia dini di Pos Paud Miana V sedangkan tujuan khususnya untuk melakukan evaluasi terhadap program manasik haji di Pos Paud Miana V Kota Bandung. Aspek yang dievaluasi antara lain; kesesuaian program dengan kebutuhan peserta didik, peran pendidik dan orang tua, sarana dan prasarana yang digunakan, pendanaan, proses perencanaan dan persiapan program, serta hasil yang dicapai. Pengambilan data dalam evaluasi ini menggunakan instrument wawancara, studi dokumentasi, dan observasi oleh evaluator. Hasil dan Pembahasan pada penelitian ini menunjukkan bahwa untuk konteks dan produk evaluasi dalam program Manasik Haji ini sudah sangat baik. Lalu untuk hasil input dan proses evaluasi sudah cukup baik namun memang masih ada sedikit kekurangan.
Introduction to children about the method of carrying out the Hajj rituals is very important to shape the child's religious character into a good and virtuous character. The Evaluation of the Manasik Haji Program uses the CIPP evaluation model (Context, Input, Process, Product) because this model can assist evaluators in evaluating the program as a whole, starting from the planning process to the results obtained later. The evaluation of this program has two objectives, namely general and specific objectives where the general objective is to determine the effectiveness of the Hajj rituals program on achieving early childhood development at Miana V Early Childhood Education Post, while the specific objective is to evaluate the Hajj rituals program at Miana V Early Childhood Education Post, Bandung City. The aspects evaluated include; the suitability of the program to the needs of students, the role of educators and parents, the facilities and infrastructure used, funding, the process of program planning and preparation, and the results achieved. Collecting data in this evaluation using interview instruments, documentation studies, and observation by the evaluator. The results and discussion in this study show that the context and product evaluation in the Manasik Haji program are very good. Then the input results and the evaluation process are quite good, but there are still some deficiencies.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansori, M. S., Kasanah, S. U., & Sidik, A. R.
(2019). PEMAHAMAN DAN
KETRAMPILAN IBADAH HAJI BAGI
PESERTA DIDIK, GURU DAN WALI
MURID MELALUI PEMBELAJARAN
PRAKTEK MANASIK HAJI UNTUK
ANAK USIA DINI. Jurnal Pengabdian
Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu),
(1), 14–24.
Luthfiah, S. (2012). Evaluasi Program
Pendidikan. Academy of Education
Journal, 3(1), 1–43.
https://doi.org/10.47200/aoej.v3i1.82
Suharsimi Arikunto dan Cepi Syafruddin Abdul
Jabar. (2009). Evaluasi Program
Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis
bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara, h. 2.
Mudatsir Muslim. (2013). Panduan Lengkap
Haji dan Umrah. Surakarta: PT.
Borobudur Inspira Nusantara, h. 8.
Djamaluddin. D. (2006). Panduan Ibadah Haji
dan Umrah Lengkap. Jakarta: Era
Intermedia, h. 19.
Muhammad Syafii. A. (2015). Buku Cerdas
Haji dan Umrah. Jakarta: Tazkia
Publishing, h. 5.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
(2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia
Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Sudiono, Anas. (2001). Pengantar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo
Persada.
Zainul, Asmawi dan Noehi Nasution. (2001).
Penilaian Hasil Belajar. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
H. D. Sujana. (2000). Manajemen Program
Pendidikan Luar Sekolah dan
Pengembangan Sumber Daya Manusia.
Bandung: Fatah Production.
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model
Evaluasi Program Pendidikan. AtTa’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/attadib.v6i1.551.
Farida Yusuf Tayibnapis. (2000). Evaluasi
Program. Jakarta: PT. Rincka Cipta, cct.
, h.9.
Mappiare, Andi. (2006). Kamus Istilah
Konseling dan Terapi. Jakarta: Raja
Grafindo Persada, Ed. 1. h, 254.
Arikunto, Suharsimi; Jabar, Cepi Safrudin
Abdul. (2004). Evaluasi Program
Pendidikan: Pedoman Teoritis bagi
Praktisi Pendidikan. Jakarta: Penerbit
Bumi Aksara.
Imadudi, Dede. (2011). Mengenal Haji. Jakarta:
PT Mitra Aksara Panaitan, h. 18.
Sudjana, Djudju. (2006). Evaluasi Program
Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Warsito, Rukmadi. (1986). Evaluasi Program
Pengembangan Masyarakat. Salatiga:
World Vision International Indonesia &
Universitas Kristen Satya Wacana. Harahap, Sumuran. (2008). Kamus Istilah haji
dan Umrah. Jakarta: Mitra Abadi Press,
h. 362.
Wiersma, William, dan Stephen G. Jurs. 1990.
Educational Measurement and Testing.
Massachusetts.
Djaali dan Pudji Muljono. 2004. Pengukuran
dalam Bidang Pendidikan. Jakarta:
Grasindo.
Owen, John M. 1993. Program Evaluasi: Forms
and Approaches. St. Leonards: Allen &
Unwin Pty Ltd.
Madaus, George F. Michael S. Scriven, dan
Daniel L. Stufflebeam. (1983).
Evaluation Models: Viewpoints on
Educational and Human Services
Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff
Publishing.
Stufflebeam, Daniel L., dan Anthony J.
Shinkfield. (1986). Systematic
Evaluation: A Self-Instructional Guide
to Theory and Practice. Boston: KluwerNijhoff Publishing.
Wahyudin, Udin. (2008). Fiqih. Bandung:
Grafindo Media Pratama.
Article Metrics
Abstract view : 124 times | PDF view : 21 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andien Puteri Adelya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.