Evaluasi Program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) Lembaga BNNK Kota Cimahi dengan Model CIPP

anisah dayanti suherman(1*),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.48253

Abstract


Abstrak

Program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) adalah salah satu program P2M (Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat). Program tersebut dalam rangka meningkatkan kesadaran seluruh pihak terkait bahaya penyalahgunaan dan penggunaan narkoba secara bebas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis tentang evaluasi program P4GN (pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui sosialiasi mengenai program P4GN sesuai kebutuhan masyarakat, untuk mengetahui regulasi daerah dalam program P4GN serta untuk mengetahui dampak yang dihasilkan mengenai program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) dengan evaluasi program menggunakan model CIPP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data yang diperoleh pada penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program dengan menggunakan model CIPP, Program P4GN dapat meningkatkan kesadaran seluruh pihak terkait bahaya penyalahgunaan dan penggunaan narkoba secara bebas, informasi mengenai program P4GN didapatkan secara akurat, diketahui dampak dari program P4GN yaitu masyarakat menjadi lebih aware terhadap penyalahgunaan narkoba.

Kata kunci: Evaluasi Program, P4GN, Model CIPP 

Abstract

The P4GN (Prevention, Eradication, Abuse and Illicit Narcotics) program is one of the P2M (Community Prevention and Empowerment) programs. The aim of the research is to find out the socialization of the P4GN program according to the needs of the community, to find out the regional regulations in the P4GN program and to find out the resulting impact on the P4GN program (Prevention, Eradication, Abuse and Illicit Narcotics) with program evaluation using the CIPP model. The research method used in this study is the data obtained in this study consisting of quantitative data and qualitative data. Quantitative data in this study were collected using a questionnaire and observation. Qualitative data were collected through interviews, observation and documentation studies. The results of the study show that evaluating the program using the CIPP model, the P4GN program can increase awareness of all parties regarding the dangers of drug abuse and free use, information about the P4GN program is obtained accurately, the impact of the P4GN program is known, namely that people become more aware of drug abuse.

Keywords: Program Evaluation, P4GN, CIPP Model

 


Keywords


Program Evaluation, P4GN, CIPP Model

Full Text:

PDF

References


Ai Nurlatifah, Andi Mulyadi, D. M. (2022). Efektivitas Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4Gn) Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3377–3390.

Azhar, A., Fikri, K. N. S., Siregar, V. A., & Apriyanto, M. (2020). PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) pada PESANTREN. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2463–2468. http://repository.unisi.ac.id/131/

Aziz, S., Mahmood, M., & Rehman, Z. (2018). Implementation of CIPP Model for Quality Evaluation at School Level: A Case Study. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 189. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.553

Bidang, D., & Masyarakat, P. (2022). Pedoman penggiat.

Dan, I. P. G. N. P. (2020). Indeks p4gn.

Djaba, M., & Rachman, E. (2019). Implementasi Kebijakan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4Gn) Oleh Badan Narkotika Nasional Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 6(2), 83–93.

https://doi.org/10.37606/publik.v6i2.8

Inassa, I. (2019). Kegiatan Tes Urine Sebagai Upaya P4Gn Di Instansi Pemerintah Oleh Bnnp Jawa Timur. Medical Technology and Public Health Journal, 3(2), 148–163. https://doi.org/10.33086/mtphj.v3i2.67

Kumalasari M., I. (2020). Peran Genre Narkotika Di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Dalam Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Di Labuhanbatu Utara. Jurnal Hukum Kaidah: Media Komunikasi Dan Informasi Hukum Dan Masyarakat, 19(3), 455–462. https://doi.org/10.30743/jhk.v19i3.2678

Lolok, N., & Yuliastri, W. O. (2020). Efektivitas Program P4GN Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Napza di SMP Negeri 10 Kota Kendari. Jurnal Mandala Pengabdian Masyarakat, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.35311/jmpm.v1i1.8

Los, U. M. D. E. C. D. E. (n.d.). No 主観 的健康感を中心とした在宅高齢者 における 健康関連指標に関する共 分散構造 Title. 1–14.

Mesiono. (2017). Dalam Tinjauan Evaluasi Program. Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 4(2), 1–22. http://repository.uinsu.ac.id/3485/1/EVALUASI PROGRAM.pdf

Mufid, M. (2020). Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis AlQur’an di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Quality, 8(1), 1. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1. 6908

Novitasari, E. (2018). Implementasi Program Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4Gn) Oleh Badan Narkotika Nasional (Bnn) Kabupaten Tulungagung Sebagai Bentuk Edukasi Formal Dalam Mengurangi Penyalahgunaan Narkoba Di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 4(2), 41–56.

Putra, D. S. (2022). Pemberdayaan duta anti narkoba Kota Malang melalui pelatihan dalam upaya peningkatan pengetahuan P4GN. Altruis: Journal of Community Services, 3(2), 30–33. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.2007.

Sholihah, Q. (2015). Efektivitas Program P4Gn Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan Napza. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 153. https://doi.org/10.15294/kemas.v10i2. 3376

Stufflebeam, D. L. (1971). The relevance of the CIPP evaluation model for educational accountability. The Relevance of the CIPP Evaluation Model for Educational Accountability, 1–30.

Stufflebeam, Daniel L. (2003). The CIPP Model for Evaluation. International Handbook of Educational Evaluation, 31–62. https://doi.org/10.1007/978-94-010-0309-4_4

Stufflebeam, Daniel L. (2002). Cipp Evaluation Model Checklist. Evaluation, June.

Supriadi. (2009). DINAMIKA HUKUM Volume 9, No.3, Okt 18. 9(3), 212–231.

Warju, W. (2016). Educational Program Evaluation using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education, 12(1), 36–42. https://doi.org/10.17509/invotec.v12i 1.4502

Wulandari, T. (2016). Implementasi Kebijakan Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4Gn ) Pada Kalangan Pelajar Di Bnnp Diy. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 5(5), 466–477.


Article Metrics

Abstract view : 210 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 anisah dayanti suherman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.