PERAN PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK AR-RAHIM KELURAHAN PACCINONGAN KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

Mohammad Candra Febrianto Abbas(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.40982

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru di TK Ar-Rahim Kelurahan Paccinongan Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah Pengawas TK wilayah II dari Kecamatan Somba Opu, Kepala TK, dan empat Guru di TK Ar-Rahim Kelurahan Paccinongan Kecamatan Somba Opu Kabupeten Gowa. Pengupulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Hasil Penelitian menunjukkan pengawas TK sangat berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru TK, dengan perannya melalui tugas dan fungsi pengawas yaitu sebagai pemantauan, pembimbing dan evaluator. Sebagai memantau kinerja guru yaitu kedisiplinan guru, karakter guru, bagaimana guru dalam hal proses penguasaan kelas, dan bagaimana guru memberikan motivasi kepada anak. Sebagai pembimbing dengan melakukan supervisi dan  bimbingan melalui kegiatan seminar atau workshop yang dilakukan oleh K3TK. Sebagai evaluator atau penilai kinerja guru melalui pemantauan dan dokumentasi laporan seperti administrasi yang sesuai dengan indikator penilaian kinerja guru

Keywords


Peran, Pengawas, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bahak Udin dan Musfiqon. 2015. Menjadi Pengawas Profesional. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Guntoro. 2020. “Supervisi Pengawas Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Stimulus Dalam Meningkatkan Kinerja Guru”. Jurnal Ilmiah Iqra’ Volume 14 No. 1. 2541-2108 [Online] 16935705 [Print] Tersedia online di: http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII

Jasmani & Mustofa, Syaiful. 2013. Supervisi Pendidikan: Trobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Kuraesin Ecin. 2020. “Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kemampuan Profesional Guru”. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review Volume 4 No. 1.

Ondi, Saondi & Aris Suherman. 2010. Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudataan Republik Indonesia Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis tentang Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya

Posangi, Said Subhan. 2021. “Peran Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kotamobagu”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 9 No. 2

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suwanto. 2019. Budaya Kerja Guru. Lampung: CV. GRE publishing.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuliani, Nurani Sujiono. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.


Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mohammad Candra Febrianto Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.