POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI DI TK FATHUL YAQIN MANDIRI KELURAHAN TANAH BERU KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA

Kasmirani Kasmirani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.40736

Abstract


KASMIRANI, 2022. Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di TK Fathul Yaqin Mandiri Kelurahan Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd selaku pembimbing I dan Nasrah Natsir, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

 

 

 

Penelitian ini mengkaji tentang Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di TK Fathul Yaqin Mandiri Kelurahan Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orangtua dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak usia dini di TK Fathul Yaqin Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 10 orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah data yang dikumpulkan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua siswa TK Fathul Yaqin Mandiri pada umumnya menerapkan pola asuh demokratis, orangtua selalu mengupayakan dalam berkomunikasi kepada anak sehingga berdampak dalam menyebutkan kosakata dan kalimat dengan pengucapan yang jelas serta percaya diri mengeluarkan pendapat atau keinginannya. Pola asuh otoriter, orangtua pada umumnya memberikan tekanan dan batasan memiliki anak yang kurang menguasai beberapa kosakata serta enggan untuk mengeluarkan pendapat di depan orang lain. Pola asuh permisif, orangtua pada umumnya kurang terlibat dalam berkomunikasi dengan anak dan memberikan kebebasan sepenuhnya menggunakan gadget tanpa ada kontrol dan pengawasan sehingga anak menguasai kosakata yang banyak, tetapi kata yang diketahui lebih banyak kata-kata trend.

 

Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Komunikasi, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Adawiah, Rabiatul. 2017. Pola Asuh

Orangtua dan Implikasinya

Terhadap Pendidikan Anak (Studi

pada Masyarakat Dayak di

Kecamatan Halong Kabupaten

Balangan). Jurnal Pendidikan

Kewarganegaraan. Vol. 7(1). 35

Andrianto, Dedy. 2011. Komunikasi

dengan AUD. Direktorat Jenderal

Pendidikan Pendidikan Anak Usia

Dini Nonformal dan Informal

Kementerian Pendidikan Nasional

Departemen pendidikan dan kebudayaan.

Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Endriani, Ani. 2016. Studi Kemampuan

Berkomunikasi Anak Usia Dini di

TK Nurul Huda Selayar Sakra

Barat Kabupaten Lombok Timur.

Jurnal Kependidikan. Vol 15(2).

Handayani, Rani. 2021. Karakteristik Pola-

Pola Pengasuhan Anak Usia Dini

dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan

Islam Anak Usia Dini. Vol 2 (2).

Hanum, Rafidhah. 2017. Mengembangkan

Komunikasi yang Efektif pada

Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu

Pendidikan. Vol 3 (1). 46-48

Hermoyo, R. Panji. 2014. Membentuk

Komunikasi yang Efektif pada

Masa Perkembangan Anak Usia

Dini. Jurnal Pedagogi. Vol 1(1).

-19

Jannah, Miftahul. 2015. Pola Pengasuhan

Orangtua dan Moral Remaja dalam Islam. Jurnal Ilmiah Edukasi. Vol 1

(1). 66

Judrah, Muh. 2016. Pembinaan Orangtua

Dalam Pembentukan Akhlak Anak.

Jurnal Kajian Islam &

Pendidikan.Vol 8 (1). 80

Kholikun, Nahlul. 2017. Pola Asuh

Orangtua dalam Mengembangkan

Religiousitas Anak Remaja di

Desa Gedung Bonga Kecamatan

Wey Serdang Kabupaten Mesuji.

Skripsi. Lampung : Fakultas Ilmu

Tarbiyah dan Keguruan Institut

Agama Islam Negeri Raden Intan.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi

Pengembangan Bahasa Pada Anak.

Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode

Penelitian Kualitatif dalam

Penelitian Pendidikan Bahasa.

Surakarta

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orangtua

dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Ditinjau dari Latar Belakang

Pendidikan. Jurnal Potensia. Vol

(1). 42

Roemin, Luthfiani. 2019. Identifikasi Pola

Asuh Orangtua pada Anak Usia

Dini di TK Tiga Serangkai Desa

Meureubo Kabupaten Aceh Barat.

Skripsi. Banda Aceh : Fakultas

Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Universitas Islam Negeri Ar-

Raniry.

Sinring, Abdullah, dkk. 2016. Panduan

Penulisan Skripsi (Proposal Skripsi,

Skripsi dan Karya Ilmiah). Fakultas

Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Makassar.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan

Anak Usia Dini Pengantar dalam

Berbagai Aspeknya. Jakarta :

Kencana Prenada Media Group.

Tridhonanto, Al & Beranda Agency. 2014.

Mengembangkan Pola Asuh

Demokratis. Jakarta : PT Elex

Media Komputindo Kelompok

Gramedia

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Anak Usia Dini

Zahroh, Iroh Siti & Ismia Unasiansari.

Komunikasi Dalam

Pengasuhan. Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Kasmirani Kasmirani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.