POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI DI TK FATHUL YAQIN MANDIRI KELURAHAN TANAH BERU KECAMATAN BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.40736
Abstract
KASMIRANI, 2022. Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di TK Fathul Yaqin Mandiri Kelurahan Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Dr. Latang, M.Pd selaku pembimbing I dan Nasrah Natsir, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini mengkaji tentang Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini di TK Fathul Yaqin Mandiri Kelurahan Tanah Beru Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orangtua dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak usia dini di TK Fathul Yaqin Mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 10 orangtua yang memiliki anak usia 5-6 tahun. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data adalah data yang dikumpulkan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orangtua siswa TK Fathul Yaqin Mandiri pada umumnya menerapkan pola asuh demokratis, orangtua selalu mengupayakan dalam berkomunikasi kepada anak sehingga berdampak dalam menyebutkan kosakata dan kalimat dengan pengucapan yang jelas serta percaya diri mengeluarkan pendapat atau keinginannya. Pola asuh otoriter, orangtua pada umumnya memberikan tekanan dan batasan memiliki anak yang kurang menguasai beberapa kosakata serta enggan untuk mengeluarkan pendapat di depan orang lain. Pola asuh permisif, orangtua pada umumnya kurang terlibat dalam berkomunikasi dengan anak dan memberikan kebebasan sepenuhnya menggunakan gadget tanpa ada kontrol dan pengawasan sehingga anak menguasai kosakata yang banyak, tetapi kata yang diketahui lebih banyak kata-kata trend.
Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Komunikasi, Anak Usia Dini
Full Text:
PDFReferences
Adawiah, Rabiatul. 2017. Pola Asuh
Orangtua dan Implikasinya
Terhadap Pendidikan Anak (Studi
pada Masyarakat Dayak di
Kecamatan Halong Kabupaten
Balangan). Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan. Vol. 7(1). 35
Andrianto, Dedy. 2011. Komunikasi
dengan AUD. Direktorat Jenderal
Pendidikan Pendidikan Anak Usia
Dini Nonformal dan Informal
Kementerian Pendidikan Nasional
Departemen pendidikan dan kebudayaan.
Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Endriani, Ani. 2016. Studi Kemampuan
Berkomunikasi Anak Usia Dini di
TK Nurul Huda Selayar Sakra
Barat Kabupaten Lombok Timur.
Jurnal Kependidikan. Vol 15(2).
Handayani, Rani. 2021. Karakteristik Pola-
Pola Pengasuhan Anak Usia Dini
dalam Keluarga. Jurnal Pendidikan
Islam Anak Usia Dini. Vol 2 (2).
Hanum, Rafidhah. 2017. Mengembangkan
Komunikasi yang Efektif pada
Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu
Pendidikan. Vol 3 (1). 46-48
Hermoyo, R. Panji. 2014. Membentuk
Komunikasi yang Efektif pada
Masa Perkembangan Anak Usia
Dini. Jurnal Pedagogi. Vol 1(1).
-19
Jannah, Miftahul. 2015. Pola Pengasuhan
Orangtua dan Moral Remaja dalam Islam. Jurnal Ilmiah Edukasi. Vol 1
(1). 66
Judrah, Muh. 2016. Pembinaan Orangtua
Dalam Pembentukan Akhlak Anak.
Jurnal Kajian Islam &
Pendidikan.Vol 8 (1). 80
Kholikun, Nahlul. 2017. Pola Asuh
Orangtua dalam Mengembangkan
Religiousitas Anak Remaja di
Desa Gedung Bonga Kecamatan
Wey Serdang Kabupaten Mesuji.
Skripsi. Lampung : Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Raden Intan.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi
Pengembangan Bahasa Pada Anak.
Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode
Penelitian Kualitatif dalam
Penelitian Pendidikan Bahasa.
Surakarta
Novrinda, dkk. 2017. Peran Orangtua
dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Ditinjau dari Latar Belakang
Pendidikan. Jurnal Potensia. Vol
(1). 42
Roemin, Luthfiani. 2019. Identifikasi Pola
Asuh Orangtua pada Anak Usia
Dini di TK Tiga Serangkai Desa
Meureubo Kabupaten Aceh Barat.
Skripsi. Banda Aceh : Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Ar-
Raniry.
Sinring, Abdullah, dkk. 2016. Panduan
Penulisan Skripsi (Proposal Skripsi,
Skripsi dan Karya Ilmiah). Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Makassar.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan
Anak Usia Dini Pengantar dalam
Berbagai Aspeknya. Jakarta :
Kencana Prenada Media Group.
Tridhonanto, Al & Beranda Agency. 2014.
Mengembangkan Pola Asuh
Demokratis. Jakarta : PT Elex
Media Komputindo Kelompok
Gramedia
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Anak Usia Dini
Zahroh, Iroh Siti & Ismia Unasiansari.
Komunikasi Dalam
Pengasuhan. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Article Metrics
Abstract view : 130 times | PDF view : 14 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Kasmirani Kasmirani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.