PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIDKAN KESETARAAN PAKET C MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT AMMANAGAPPA KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR

Indayani Indayani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i4.38532

Abstract


INDAYANI. 2022. Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Model CIPP (Context, Input, Process, Product) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ammanagappa Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Dr. Hj Kartini Marzuki, M.Si. dan Dr. H. M. Ali Latif Amri, M.Pd.)

 

 

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang menjelaskan 1). Keadaan konteks program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa 2). Keadaan masukan program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa 3). Pelaksanaan proses program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa 4). Hasil dan lulusan program pendidikan kesetaraan Paket C di PKBM Ammanagappa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah ketua PKBM Ammanagappa, tutor dan warga belajar paket C, sedangkan objek dari penelitian ini adalah program kesetaraan Paket C. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk mejelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program kesetaraan paket C menggunakan model CIPP. Context yang meliputi perencanaan program dan analisis kebutuhan program pendidikan kesetaraan Paket C, Input yang meliputi peserta, tutor, sarana dan prasarana dan dana, Process yang meliputi jadwal kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran, dan product yang meliputi hasil dan lulusan paket C PKBM Ammanagappa.

 

 

Kata Kunci : Program Kesetaraan Paket C, Model CIPP,  PKBM Ammanagappa


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung :PT Remaja Rosdakarya.

Ananda Rusydi, Tien Rafida. (2017). Pengantar evalusi program pendidikan. Medan : Perdana Publishing.

Ambiyar, Muhardika. (2019). Metodologi Penelitian Evaluasi Program. Bandung : Alfabeta, Cv

Arikunto Suharsimi, Cepi Safrudin. (2009). Evaluasi Program Pendidikan :Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahaiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Chairunnisa, Connie. (2011). Evaluasi Program Pendidikan dan Pengembangan Instrumen. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 19 No.2, ( 1411-6936)

Eko Putro Widoyoko, (2009). Evaluasi Program Pembelajaran:panduan praktik bagi pendidik dan calon pendidik. Yokyakarta : Pustsaka Pelajar

Fitzpatrick, J.l.,Sanders, J.R., dan Worthen, B.R. 2011. Program Evaluasi luation :Alternatife Approaches and practical Guidelines. Bustom :Pearson.

Fahruddin, (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP). Jurnal Program Studi Pendidikan sejarah, Volume 8, (2337-4713).

Ihsan, Fuad. (2008).Dasar-Dasar kependidikan. Jakarta:Rineka Cipta.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Model Bahan Ajar Pada Pendidikan Kesetaraan Paket C Mahir Dalam Jaringan. Bandung: Kemendikbud.

Muryadi, Agustanico Dwi. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal ilmiah PENJAS, Volume 3, (2442-3874).

Munthe, Ashiong P. (2015).Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan. Jurnal Sholaria, Volume 5, (1-14).

Mardiah & Syarifuddin. Model-Model Evaluasi Pendidikan. Jurnal pendidikaan dan konseling, Volume 02 No.01, (2614-0314).

Ningsih, Elysulistya. (2017). Evaluasi Program paket C di PKBM Delima. Jurnal penelitian dan penilaian pendidikan, Volume 2, (224-241)

Novia, Ema. 2016. “Evaluation Program Nonformal Education” http://emanoviahnonformaleducation.blogspot.com/2016/03/evaluation-program-nonformal-education.html?m=1, diakses pada 24 Februari 2022 pukul 09:00

Ratnawulan, Elis dan Rusdiana. (2015). Evaluasi pembelajaran.Bandung: CV Pustaka Setia.

Rusdiana. (2017). Manajemen evaluasi program kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ruli Ono. 2019. “Pengertian dan Tujuan PKBM Menurut Ahli”, https://PKBMalbantani.org/berita/173-pengertian-dan-tujuan-PKBM-menurut-ahli.html, diakses pada 18 Februari 2022 pukul 18:00.

Sukardi. (2014). Evaluasi program pendidikan dan kepelatihan. Jakarta: Bumi Aksara.

Saleh, Marzuki. (2010). Pendidikan Non Formal Dimensi Dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. Bandung: PT Remaja Rosdakaryah.

Widyarthika, Wisnu, & johanes sapri. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Kesetaraan Paket C. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Volume 1, (2655-8130)


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indayani Indayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.