PERANAN KARANG TARUNA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA MATAJANG KECAMATAN KAHU KABUPATEN BONE

Sri Indriani Sri Indriani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i3.38531

Abstract


SRI INDRIANI. 2022 Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. H. M. Ali Latif Amri, M.pd dan Dr. Rudi Amir, S.pd., M.pd. Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Karang Taruna Dalam Meningkatkan Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Di Desa Matajang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah Ketua Karang Taruna, Pengurus Karang Taruna, dan Pemuda Di Desa Matajang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah Reduksi Data, Penyajian Data, dan Pengambilan Kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan Keabsahan Data dengan menggunakan berbagai sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Karang Taruna Laskar Baruttung di Desa Matajang menjalankan peranya yakni memfasilitasi mendorong usaha dan pemberdayaan pemuda memberikan manfaat bagi pemuda berupa pelatihan pembuatan gula merah dalam kemasan yang dimana pelatihan tersebut melibatkan para pemuda yang tidak bekerja bertujuan untuk meningkatkan kualias pemuda. Usaha mengembangkan semangat kebersamaan, dimana karang taruna mengajak pemuda dalam kegiatan formal maupun nonformal, sehingga hubungan pengurus karang taruna dengan pemuda bisa terbentuk hubungan emosional yang lebih erat, dan usaha pemupukan kreativitas generasi muda dimana karang taruna memfasilitasi para pemuda dalam mengelolah kelompok usaha yang didirikan oleh karang taruna sehingga kelompok-kelompok tersebut mampu berinovasi dan menciptakan jenis-jenis usaha baru. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa peranan karang taruna dalam meningkatkan kesejahteraan sosial di Desa Matajang Kecamatan kahu Kabupaten Bone cukup baik karena karang taruna Laskar Baruttung melaksanakan kegiatan sesuai dengan peranannya sebagai salah satu organisasi kepemudaan yang ada di Desa Matajang.

 

Kata Kunci: karang taruna, kesejahteraan sosial, pemuda


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aprillia, Farra. 2015. Peran organisasi karang taruna dalam pemberdayaan masyarakat desa. JAP.nomor31.

Alfarizi, Mohammad. (2020). Komunikasi Organisasi Karang Taruna Dalam Meningkatkan Motivasi Pemuda Kreatif (Studi Pada Karang Taruna Suryo Pandhowo Desa Prajegan Kec. Sukorejo Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Bahril, Samsul Alil (2017). Peningkatan Kesejahteraan Sosial Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kecamatan Tombolo Pao Kabupaten Gowa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Direktorat Bina Karang Taruna.2005. Buku pedoman dasar karang taruna. Departe men Sosial. R.I

Ghony, M.,D& Fauzan, A. 2016. Metode Penilitian Kualitatif. Jogjakarta: ArRuzz. Media

Harahap, Syahrin. 1999. Islam Konsep Dan Implementasi Pemberdayaan. Yogyakarta : Tiara Wacana hlm 41.

Kementrian Sosial RI. 2010. Pedoman Dasar Karang Taruna. Jakarta: Direktor Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan.

Kurniasari, Dewi & dkk. 2013. Peranan Organisasi Karang Taruna dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda di Desa Ngembalrejo. Semarang: Unnes Civic Education Journal.

Permensos 83/HUK/2005 Tentang Pedoman Dasar Karang Taruna (2005).

Sofiyah, Dede. 2019. Peran Karang Taruna Dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampung Domba (Studi Di Desa Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). thesis. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang: Semarang Soekarto, Soejono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No.11 Tahun 2009. Tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial.

Windah, Andi. (2017). Revitalisasi Peran Karang Taruna Melalui Pemberdayaan Sns (Social Networking Sites) (Studi Pada Karang Taruna Kecamatan Pardasuka Kab. Pringsewu). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, Vol. 8, No. 2


Article Metrics

Abstract view : 283 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Indriani Sri Indriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.