MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM PAKET C DI PKBM PUTRA KEMBAR KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Tina Wulan Tina Wulan(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i3.37822

Abstract



Tina Wulan, 2022, Manajemen Pembelajaran Program Paket C di PKBM Putra Kembar Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Suardi, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan
Nasrah Natsir, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Putra Kembar Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Putra Kembar Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian adalah 1 pengelola dan 4 orang tutor paket C. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan Penelitian ini mengkaji tentang manajemen pembelajaran program paket C di PKBM Putra Kembar Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar melalui empat tahap yaitu: Perencanaan yang meliputi identifikasi kebutuhan warga belajar, penyusunan silabus dan RPP; Pelaksanaan yang meliputi kegiatan penentuan jadwal serta pembagian kelas dan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan variasi metode, pendekatan, media dan sumber belajar; Evaluasi yang meliputi evaluasi proses, evaluasi hasil belajar, dan instrument evaluasi; Pengawasan yang meliputi pemantauan dan tindak lanjut yang dilakukan oleh pengelola atau ketua lembaga.

Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, Program, Paket C, PKBM


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Badan Akreditasi Nasional, 2021. Perangkat

Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini dan

Pendidikan Non Formal.

B. Mahirah. (2017) Evaluasi Belajar Peserta Didik

(Siswa). Jurnal Idaarah. 1 (2). 257-267

Darmanto, Susetyo, dkk. (2020). Peningkatan

Kompetensi Warga Belajar Kejar Paket C

Melalui Pelatihan Kreasi Desain Grafis.

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 11

(4). 586-593

Fitryani. (2013). Pengaruh Penggunaan

Metode Pembelajaran dan Fasilitas Belajar

Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata

Pelajaran Ekonomi. 2(4). 309-315

Gemnafle, Mathias dan John Rafafy

Batlolona. (2021). Manajemen

Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi

Guru Indonesia. 1 (1). 28-42

Irawan, Irjus. 2020. Pendidikan Luar Sekolah.

Purwokerto: CV. Pena Persada

Helmiati. 2012. Model Pembelajaran.

Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen

Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi

Aksara

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1991.

Tentang Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional

Rukajat, Ajat. 2018. Manajemen Pembelajaran.

Yogyakarta: CV Budi Utama

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran

Pengembangan Profesionalisme Guru.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Setiawan, Hasrian Rudi. (2021). Model

Pengawasan Kegiatan Pembelajaran di

SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan.

Jurnal Proceding Seminar Nasional

Kewirausahaan. 2 (1). 285-293


Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tina Wulan Tina Wulan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.