Pendampingan Orangtua dalam Kegiatan Belajar Anak di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto

Wiwi Rahayu Samsuddin(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i3.37812

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang Pendampingan Orangtua dalam Kegiatan Belajar Anak d Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendampingan orangtua dalam kegiatan belajar anak. Informan pada penelitian ini adalah 7 orangtua yaitu Ibu. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data diolah melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan simpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian yang diperoleh yaitu pendampingan orangtua dalam kegiatan belajar anak di Desa Bontorappo Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto dilakukan dalam bentuk: 1) Penyediaan fasilitas belajar anak, dari 7 informan, hanya 3 informan yang mengatakan telah menyediakan fasilitas belajar anak secara lengkap, sementara 4 informan lainnya tidak mampu menyediakan buku pelajaran. 2) Pengawasan kegiatan belajar anak, seluruh orangtua melakukan pengawasan dengan berada di dekat anak saat belajar malam hari. 3) Pengelolaan penggunaan waktu belajar anak, orangtua menerapkan jadwal belajar anak yaitu malam hari. Saat mengerjakan tugas sekolah, 4 informan menerapkan jadwal setelah pulang sekolah, 3 informan lain memberikan waktu mengerjakan tugas pada malam hari. 4) Membantu mengatasi kesulitan belajar anak dengan cara memberikan arahan atau contoh lain dengan tugas anak, namun saat mengalami kesulitan, orangtua menyerahkan pada anak untuk mengerjakan tugasnya sendiri.

Kata Kunci: Pendampingan, Orangtua, Kegiatan Belajar Anak.


Full Text:

PDF

References


Argara, Putri Eprilita. 2021. Keterlibatan Orangtua dalam Mendampingi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Persatuan Prambanga. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah. 10(1): 136.

Asri, Allafta Muhsinatin Al-Farhatan Noor dan Isnaini Handayani. 2021. Peran Guru dan Orangtua dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Anak Slow Learner di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 4(2).

Cahaya, Ade Ria. 2021. Pendampingan Orangtua dalam Pembelajaran Online Anak Usia 5 Sampai 6 Tahun di TK Negeri Pembina Kecamatan Batu Kota Baru. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: Malang.

Hakim, Shaddiq Luqman, dkk. 2020. Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif. 1(1): 15-106.

Pane, Aprida & Muhammad Darwis Dasopang. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3(2): 335.

Putri, Kiki. 2019. Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 18 Seluma. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu: Bengkulu.

Ramedlon. 2021. Peran Keluarga dalam Pendampingan Proses Belajar Mengajar di Rumah. Jurnal Pendidikan Tematik. 2(2): 170-174.

Waluyo dkk. 2017. Pendampingan Anak Pembelajaran Intertet Kelas Online (Papo Kelon). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2): 218.


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wiwi Rahayu Samsuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.