STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER OLEH PENDIDIK (STUDI PADA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA CANGADI KELURAHAN APPANANG KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG)

Andi Raehana Andi Raehana(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i3.37808

Abstract


 

ANDI RAEHANA, 2022. Strategi Pengembangan Karakter Oleh Pendidik (Studi Pada Anak di TK Negeri Pembina Cangadi Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng). Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Suardi, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Asri, S.Pd., M.Pd. Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

                                             

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Karakter Oleh Pendidik (Studi Pada Anak di TK Negeri Pembina Cangadi Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek Penelitian ini adalah Pendidik TK Negeri Pembina Cangadi Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam analisis data yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan:1) Religius, pendidik melafalkan anak kemudian mengikuti, sehingga anak mudah menghafal dan mengamalkannya, terbukti dengan anak sudah mampu menghafal doa untuk kedua orangtua, surah Al- Fatihah, 3Qul, doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, juga mengajarkan anak sopan santun kepada sesama terutama orangtua. 2) Mandiri, pendidik membiasakan anak memakai sepatu sendiri, membuang sampah pada tempatnya, merapikan buku, dan perlengkapan yang dibawa ke sekolah. 3) Bersahabat/komunikatif, pendidik membangun interaksi dengan anak, mengajarkan untuk mengatakan “tolong” saat meminta bantuan dan berterima kasih setelahnya, serta berbagi makanan bekal.

 

 

 

Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Karakter, Pendidik, TK.


Full Text:

PDF

References


Azis, A.H. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat pada

Hati.Jakarta : Al- Mawardi Prima.

Dosenpendidikan. 2022. Pengertian Strategi Menurut

Para Ahli.

https://www.dosenpendidikan.co.id/strategi-

adalah/. Diakses pada tanggal 1 Agustus

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya

dan Karakter Bangsa. Jakrata : Kementerian

Pendidikan Nasional.

M.Ramli.2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik.

Tarbiyah Islamiyah, 5(1). 65-78.

Pendidik.2019. Profil Lembaga TK Negeri Pembina

Cangadi

Ramly, Mansyur dkk. 2011. Pedoman Pelaksanaan

Pendidikan Karakter (Berdasarkan

Pengalaman Satuan Pendidikan Rintisan).

Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional

Badan Penelitian dan Pemngembangan

Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Samani, Muchlas & Hariyanto.2013.Konsep dan

Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT

Rosdakarya Offset.

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suwartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter dan

Pembangunan Sumber Daya Manusia

Berkelanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan

Ke-SD-an. 4(1). 220-234.

Tim Penyusun UNM. 2019. Pedoman Penulisan

Tugas Akhir Mahasiswa.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan

Nasion


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Raehana Andi Raehana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.