STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER OLEH PENDIDIK (STUDI PADA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA CANGADI KELURAHAN APPANANG KECAMATAN LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG)
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jappa.v1i3.37808
Abstract
ANDI RAEHANA, 2022. Strategi Pengembangan Karakter Oleh Pendidik (Studi Pada Anak di TK Negeri Pembina Cangadi Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng). Pembimbing dalam penelitian ini adalah Dr. Suardi, S.Pd., M.Pd dan Muhammad Asri, S.Pd., M.Pd. Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Karakter Oleh Pendidik (Studi Pada Anak di TK Negeri Pembina Cangadi Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek Penelitian ini adalah Pendidik TK Negeri Pembina Cangadi Kelurahan Appanang Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam analisis data yaitu reduksi data, paparan data, dan penyimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan:1) Religius, pendidik melafalkan anak kemudian mengikuti, sehingga anak mudah menghafal dan mengamalkannya, terbukti dengan anak sudah mampu menghafal doa untuk kedua orangtua, surah Al- Fatihah, 3Qul, doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, juga mengajarkan anak sopan santun kepada sesama terutama orangtua. 2) Mandiri, pendidik membiasakan anak memakai sepatu sendiri, membuang sampah pada tempatnya, merapikan buku, dan perlengkapan yang dibawa ke sekolah. 3) Bersahabat/komunikatif, pendidik membangun interaksi dengan anak, mengajarkan untuk mengatakan “tolong” saat meminta bantuan dan berterima kasih setelahnya, serta berbagi makanan bekal.
Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Karakter, Pendidik, TK.
Full Text:
PDFReferences
Azis, A.H. 2011. Pendidikan Karakter Berpusat pada
Hati.Jakarta : Al- Mawardi Prima.
Dosenpendidikan. 2022. Pengertian Strategi Menurut
Para Ahli.
https://www.dosenpendidikan.co.id/strategi-
adalah/. Diakses pada tanggal 1 Agustus
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya
dan Karakter Bangsa. Jakrata : Kementerian
Pendidikan Nasional.
M.Ramli.2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik.
Tarbiyah Islamiyah, 5(1). 65-78.
Pendidik.2019. Profil Lembaga TK Negeri Pembina
Cangadi
Ramly, Mansyur dkk. 2011. Pedoman Pelaksanaan
Pendidikan Karakter (Berdasarkan
Pengalaman Satuan Pendidikan Rintisan).
Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional
Badan Penelitian dan Pemngembangan
Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Samani, Muchlas & Hariyanto.2013.Konsep dan
Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT
Rosdakarya Offset.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suwartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter dan
Pembangunan Sumber Daya Manusia
Berkelanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan
Ke-SD-an. 4(1). 220-234.
Tim Penyusun UNM. 2019. Pedoman Penulisan
Tugas Akhir Mahasiswa.
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasion
Article Metrics
Abstract view : 99 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andi Raehana Andi Raehana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.