Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping

Lukitoelkaodillah Lukitoelkaodillah(1*), Muh Rizal S(2), Aris Baharuddin(3), Andi Aslinda(4), Muhammad Guntur(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i3.37497

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian melalui online shopping pada mahasiswa ilmu administrasi bisnis angkatan 2018 fakultas ilmu sosial universitas negeri makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 111 orang/mahasiswa angkatan 2018 program studi ilmu administras bisnis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner (angket), wawancara, serta dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisa data yang terdiri atas teknik analisis dekriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen pada mahasiswa ilmu administrasi bisnis angkatan 2018 fakultas ilmu sosial universitas negeri makassar termasuk dalam kategori perilaku konsumen yang baik. Berdasarkan hasil analisis korelasi yang diperoleh dalam penelitian ini diketahui bahwa perilaku konsumen memiliki pengaruh yang signifikan dan cukup kuat terhadap keputusan pembelian. 


Full Text:

PDF

References


APJII. (2018). Penetrasi & profil perilaku pengguna internet indonesia.

Engel, J. F., Blackweel, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior. The Dryden Press.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2006). Consumer Behavior. Mason: Permissions Department, Thomson Business and Economics.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Pelanggan. Erlangga.

Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran: Edisi Bahasa Indonesia. Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran (D. Sihombing & W. C. Kristiaji (eds.); 8th ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing. Person Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (eds.); 13th ed.). Penerbit Erlangga.

Laundon, K. C., & Laundon, J. P. (1998). Management Information System: Organization and Technology (5th ed.). Prentice Hall Inc.

Nazir. (2005). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.

Nazir. (2017). Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.

Nofri, O., & Hafifah, A. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping di Kota Makassar. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS), 5(1), 113–132.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian - Pendekatan Praktis Dalam Penelitian (1st ed.). Penerbit Andi.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2000). Consumer Behaviour (7th ed.). Prentice Hall.

Setiadi, N. J. (2013). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen (Edisi Revi). Penerbit Kencana.

Stanton, W. J. (1993). Prinsip-Prinsip Pemasaran (7th ed.). Penerbit Erlangga.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi (1st ed.). Penerbit Andi.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 541 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.