KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL MECHANICAL CAFE DI KOTA MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i1.31644
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayananpada bengkel Mechanical Cafe di Kota Makassar. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang diantaranya Owner/Pemilik bengkel Mechanical Cafe, karyawan bagian administrasi pada bengkel Mechanical Cafe, karyawan bagian mekanik pada bengkel Mechanical Cafe dan pelanggan yang mengunakan jasa pada bengkel mechanical cafe. Dalam penelitian ini terdapat 5 indikator yaitu (1) Reliability (Kehandalan), (2) Responsiveness (Daya Tanggap), (3) Assurance (Jaminan), (4) Empathy (Empati), (5) Tangibles (Bukti Fisik). Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari rangkaian kegiatan pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawaing/verification). Dalam mendeskruipsikan hasil penelitian digunakan 5 indikator kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada bengkel Mechanical Cafe berdasarkan kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik sudah berkualitas. Saran peneliti adalah agar pihak bengkel Mechanical Cafe terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanna yang sudah baik dan lebih memperluas lahan lokasi bengkel serta cukup menyediakan sparepart yang asli saja untuk keamanan kendaraan pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Basri, S. (2011). Metode Analisis Kualitas Pelayanan Parasuraman Zeithaml Berry. https://setabasri01.blogspot.com/2011/04/service-quality-akronimnya- servqual.html%0A%0A
Budiono, A. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Konsumen Bengkel Mobil Suzuki Nusantara Jaya Sentosa Soekarno-Hatta Bandung. E-Journal Graduate Unpar, 1(1).
Dharmawan, S., Ariani, V., & Par, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di NC TOURS AND TRAVEL. BINUS.
Faisal, S. (2017). Good Service, Metode tingkat loyalitas Prlanggan. Mandar Maju. Hasibuan, A. S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan di Bengkel Mobil Mondan Kasikan Kec. Tapung Hulu Kab. Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
Riau.
Kumala, W., Siringoringo, H., & Hasanah, I. S. (2005). Analisis Kualitas Pelayanan
Jasa Bengkel Di PT. Istana Kebayoran Honda Fatmawati Berdasarkan Tingkat
Kepuasan Pelanggan. Proceeding, Seminar Nasional PESAT 2005.
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business
Administration, 1(2), 232–243.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. PT Salemba
Empat.
Margaretha. (2015). Kualitas Pelayanan : Teori dan Aplikasi. Mandar Maju.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja
Rosdakarya.
Novelia, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dalam pelaksanaan after sales
Auto2000 Rancaekek Bandung terhadap loyalitas konsumen.
Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima Fokus pada Organisasi Publik dan
Peningkatan Kualitas Aparatur (Ke 1). Alfabeta CV.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model
Konseptual. Penerapan. Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal (Ke
. Remaja Rosdakarya.
Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap
kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis. Andi Offset.
Shurair, A. S. (2017). Stakeholder Perception of Service Quality in Qatar Higher Education Institutions: An Application to Qatar University.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Ke 3). ALFABETA CV.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru
Press.
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Citra.
Tjiptono, F. (2006). Pemasaran Jasa. Media Pablising.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Ke 1). CV ANDI OFFSET.
Tjiptono, F. (2019). Service, Quality, & Customer Satisfaction (Ke 3). ANDI. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Andi Offset. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. CV ANDI OFFSET.
Article Metrics
Abstract view : 374 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.