KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL MECHANICAL CAFE DI KOTA MAKASSAR

Ester Rachel(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jab.v1i1.31644

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayananpada bengkel Mechanical Cafe di Kota Makassar. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang diantaranya Owner/Pemilik bengkel Mechanical Cafe, karyawan bagian administrasi pada bengkel Mechanical Cafe, karyawan bagian mekanik pada bengkel Mechanical Cafe dan pelanggan yang mengunakan jasa pada bengkel mechanical cafe. Dalam penelitian ini terdapat 5 indikator yaitu (1) Reliability (Kehandalan), (2) Responsiveness (Daya Tanggap), (3) Assurance (Jaminan), (4) Empathy (Empati), (5) Tangibles (Bukti Fisik). Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari rangkaian kegiatan pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawaing/verification). Dalam mendeskruipsikan hasil penelitian digunakan 5 indikator kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada bengkel Mechanical Cafe berdasarkan kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik sudah berkualitas. Saran peneliti adalah agar pihak bengkel Mechanical Cafe terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanna yang sudah baik dan lebih memperluas lahan lokasi bengkel serta cukup menyediakan sparepart yang asli saja untuk keamanan kendaraan pelanggan.


Full Text:

PDF

References


Basri, S. (2011). Metode Analisis Kualitas Pelayanan Parasuraman Zeithaml Berry. https://setabasri01.blogspot.com/2011/04/service-quality-akronimnya- servqual.html%0A%0A

Budiono, A. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Konsumen Bengkel Mobil Suzuki Nusantara Jaya Sentosa Soekarno-Hatta Bandung. E-Journal Graduate Unpar, 1(1).

Dharmawan, S., Ariani, V., & Par, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di NC TOURS AND TRAVEL. BINUS.

Faisal, S. (2017). Good Service, Metode tingkat loyalitas Prlanggan. Mandar Maju. Hasibuan, A. S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan di Bengkel Mobil Mondan Kasikan Kec. Tapung Hulu Kab. Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Riau.

Kumala, W., Siringoringo, H., & Hasanah, I. S. (2005). Analisis Kualitas Pelayanan

Jasa Bengkel Di PT. Istana Kebayoran Honda Fatmawati Berdasarkan Tingkat

Kepuasan Pelanggan. Proceeding, Seminar Nasional PESAT 2005.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business

Administration, 1(2), 232–243.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. PT Salemba

Empat.

Margaretha. (2015). Kualitas Pelayanan : Teori dan Aplikasi. Mandar Maju.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja

Rosdakarya.

Novelia, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dalam pelaksanaan after sales

Auto2000 Rancaekek Bandung terhadap loyalitas konsumen.

Priansa, D. J. (2017). Manajemen Pelayanan Prima Fokus pada Organisasi Publik dan

Peningkatan Kualitas Aparatur (Ke 1). Alfabeta CV.

Ratminto, & Winarsih, A. S. (2005). Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model

Konseptual. Penerapan. Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal (Ke

. Remaja Rosdakarya.

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap

kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis. Andi Offset.

Shurair, A. S. (2017). Stakeholder Perception of Service Quality in Qatar Higher Education Institutions: An Application to Qatar University.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Ke 3). ALFABETA CV.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Pustaka Baru

Press.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Rineka Citra.

Tjiptono, F. (2006). Pemasaran Jasa. Media Pablising.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Ke 1). CV ANDI OFFSET.

Tjiptono, F. (2019). Service, Quality, & Customer Satisfaction (Ke 3). ANDI. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Andi Offset. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. CV ANDI OFFSET.


Article Metrics

Abstract view : 374 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by:

   

 

 

Flag Counter

 

 Creative Commons License
JADBIDFISH is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.