PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK

Sitti Rahma Yunus(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Mustika Mustar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9655

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok organisasi kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperiment dan desain penelitian yaitu Non equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini dari seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bangkala Barat tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiridari 4 kelas dengan jumlah peserta didik 85 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dariduakelas yang dipilih secara purposive sampling, yaitu kelas VII.C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 21 peserta didik dan kelas VII.D sebagai kelas kontrol yang juga berjumlah 21 peserta didik. Variabel dalam penelitian ini terbagi atas variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual dan model pembelajaran langsung (Direct Instruction), dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA peserta didik pada materi organisasi kehidupan. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajarkan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan data diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Analisis yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Analisis statistic deskriptif dari hasil uji N-gain diperoleh rerata kelas eksperimen 0,72 dan kelas kontrol 0,60. Analisis statistic inferensial berdasarkan analisis data pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh nilaithitung= 3,00 ˃ ttabel = 2,02.  Sehingga hipotesis alternative diterima. Berdasarkan kedua analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2012. Learning To Teach Ninth Edition. New york: McGraw Hill.

Blake, Barbara & Pope Tambara. 2008. Developmental Psychology: Incorporating Piaget’s And Vygotsky’s Theories In Classrooms Volume 1 No 1. Journal Of Cros- Disciplinary Pcrspective In Education.

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Masriyah, Siti. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA. Jakarta : Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Nur, Mohamad & Wikandari, P. R. 2008. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Kontruktivis Dalam Pengajara Edisi 5. Pusat Sains Dan Matematika Sekolah. Universitas Negeri Makassar.

Pranata, Angga. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahaya Quasi Eksperimen Di SDN Cirendeu III, Tanggeran Selatan. Jakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pemelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Setyaningrum, Dini. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelayaran IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegal Sari 08. Kota Tegal: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, Dan Praktik : Terjemahan. Bandung: Nusa Media.

Slavin, R. E. 2006. Education Psychology Theory And Practice. Boston: Allyn And Bacon.

Subyakto. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan STAD (Student Teams Achiements Division) Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri SE Wilayah Ngawi Timur. Surakarta: Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tawil, Muh & Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi


Article Metrics

Abstract view : 9 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.