PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v1i1.9655
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. 2012. Learning To Teach Ninth Edition. New york: McGraw Hill.
Blake, Barbara & Pope Tambara. 2008. Developmental Psychology: Incorporating Piaget’s And Vygotsky’s Theories In Classrooms Volume 1 No 1. Journal Of Cros- Disciplinary Pcrspective In Education.
Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi Dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Masriyah, Siti. 2012. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meingkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA. Jakarta : Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nur, Mohamad & Wikandari, P. R. 2008. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa Dan Pendekatan Kontruktivis Dalam Pengajara Edisi 5. Pusat Sains Dan Matematika Sekolah. Universitas Negeri Makassar.
Pranata, Angga. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Pada Konsep Cahaya Quasi Eksperimen Di SDN Cirendeu III, Tanggeran Selatan. Jakarta: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sani, R. A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pemelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Setyaningrum, Dini. 2012. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelayaran IPA Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tegal Sari 08. Kota Tegal: Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, Dan Praktik : Terjemahan. Bandung: Nusa Media.
Slavin, R. E. 2006. Education Psychology Theory And Practice. Boston: Allyn And Bacon.
Subyakto. 2009. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan STAD (Student Teams Achiements Division) Terhadap Prestasi Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri SE Wilayah Ngawi Timur. Surakarta: Tesis Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tawil, Muh & Liliasari. 2014. Keterampilan-keterampilan Sains Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi
Article Metrics
Abstract view : 312 times | PDF view : 30 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.