THE INFLUENCE OF ANIMATED VIDEO MEDIA ON IMPROVING OF SCIENCE LEARNING OUTCOMES (Study on Human Excretory) System)
(1) Department of Science Education, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(2) Department of Science Education, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(3) Department of Science Education, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v8i1.59541
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adjie & Adinda. (2011). Film Animasi 2D Berbasis 3D Menggunakan Teknik Cell Shading Berjudul The Postman Story. STIKOM: Surabaya.
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E. S. B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, Vol 2, No.1.
Alwardah, N., Wahyuni, R., Zubir, M., & Nuraini, N. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), Vol 8, No. 2.
Angela, L. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi disertai Video Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kerinci. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, Vol 2, No. 2.
Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran IPS Materi Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), Vol 1, No.1.
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha. Vol 9, No. 1.
Depdiknas. (2006). Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.
Firiyal, A. H., Tawil, M. & Rusli, M.A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu (JIT), 4, 81-89.
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 5, No.2.
Ilhamdi, & Huda, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Elektornika Dasar Kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video Menggunakan Swishmax. Journal of Multidisiplinary Research and Development, Vol 3, No. 2.
Ismawati, D. A., & Tandyonomanu, D. (2016). Pengembangan Video Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar g Dalam Pelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Hubungan Antar Sudut Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Vol 10, No. 1.
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 8, No.1.
Lestari, B., & Mustadi, A. (2020). Animated video media vs comic on storytelling skills for fifth-grader: Which one is more effective? Journal for the Education of Gifted Young Scientists. Vol 8, No. 1.
Mirawati, & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Jurnal Pendidikan. Vol 1, No. 1.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya
Nabilah, M., Sitompul, S. S., & Hamdani, H. (2020). Analisis Kemampuan Kognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Momentum Dan Impuls. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, Vol 1, No1.
Naylor, S., & Keogh, B. (2010). Concept cartoons in science education. Sandbach, Cheshire, UK: Millgate House.
Rahmawati, D., Mun'im, A., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 BANTAENG (Studi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Manusia). Jurnal IPA Terpadu, Vol 2, No.2.
Rohmah, N., & Sudibyo, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Dengan Penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Materi Tekanan Zat Cair. Pendidikan Sains Jppipa Unesa, 6(3), 1–7.
Saputri, V. D. A., & Ridwan, M. (2021). Application of Animation Video Media to Learning Outcomes Soccer Passing. Journal of Physical Education For Secondary Schools, Vol 1, No. 2.
Setyosari, Punaji. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol 1, No. 1.
Sudrajat, A. N., Ramdan, B., & Juhanda, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Utile, 5, 179-187
Susilo, A. & Widiya, M. (2021). Video Animasi Sebagai Sarana Meningkatkan Semangat Belajar Mata Kuliah Media Pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, Vol 8, No. 1.
Wulandari, E. F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa. Jurnal Pedadogi A, Vol 5, No. 2.
Article Metrics
Abstract view : 26 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.