ANALISIS SIKAP ILMIAH, AKTIVITAS, DAN RESPON CALON GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJEK DI MASA PANDEMI COVID-19

Muh Tawil(1*), Muhammad Aqil Rusli(2), Hasanuddin Bakara(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.52048

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sikap ilmiah, aktivitas, dan respon terhadap   menerapkan pembelajaran projek. Jumlah sampel penelitian 98 calon guru  tahun ajaran 2022/2023  di Program Studi Pendidikan IPA di FMIPA Universitas Negeri Makassar.  Metode penelitian yang diterapkan adalah metode pra eksperimen semu, Instrumen penelitian: 1) angket sikap ilmiah dengan skala liker dan 2) lembar observasi keterlaksaaan pembelajaran projek.  Hasil analisis statistis deskriptif ditemukan bahwa: 1) 100 persen calon guru IPA  aktif dalam mengikuti pembelajaran projek pada masa pandemic covid-19; 2) tanggapan calon guru IPA terhadap pelaksanaaan pembelajaran projek berbasis sangat positif; 3) skor rata-rata sikap ilmiah 49,49 termasuk kategori tinggi. Kesimpulan pembelajaran projek dapat 1) mengaktifkan calon guru belajar, 2) tanggapan calon guru terhadap pelaksanaaan pembelajaran projek berbasis sangat positif, 3)  menunmbuhkembangkan sikap ilmiah.

Full Text:

PDF

References


Bonga, A., Tawil, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. JIT: Jurnal IPA Terpadu, 1(1),1-105.

Astuti, E. J. (2014). Analisis korelasi antara sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Bengkulu pada pembelajaran IPA biologi dengan model siklus belajar 5E.Skripsi. Tidak diterbitkan. Bengkulu.

Nisa, C., & Widodo. (2013). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa Pada materi pembelajaran membuat aneka lipatan serbet. e-journal boga.2(1),29–32. https://www.google.com/search?

Cobum, P. (1985). Practical guide to computer in education 2nd. California: Addison-Wesley Publication Company Inc.

Creswell, J, W., & Plano Clark,V.L. (2009). Designing and conducting. mixed methods research. London & New Delhi: Sage Publications.

Doosuur, A., Sandra, M. I. (2013).The use of audio-visual materials in the teaching and learning processes in colleges of education in Benue State-Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME,) 1(6), 44-55,www.iosrjournals.org

Elijah, O; & Ojowu. (2014). Impact of audio-visual (avs) resources on teaching and learning insome selected private secondary schools in Makurdi. IMPACT: International Journal of Research inHumanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL) 2(5), 195-202.https://www.academia.edu/11322

Heinric, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1996). Instruction Technology for Teaching and Learning: Designing Instruction, integrating Computers and using Media. 3rd Ed. Upper Saddle River, NJ: Merril Prentice Hall. Londong : Routledge.

Joyce, B., Weil., Marsha., & Showers, B. (1992). Models of Teaching. Fourth Edition. Boston: Allyn & Bacon.

Joni, P., Sri, Y., Sri, A. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144, https://www.neliti.com/publicati

Khery, Y. d. (2017). Pengaruh context-rich problems berbentuk multimedia interaktif terhadap keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan pemahaman konsep kimia mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3 (1), 636-644. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1151

Mubarok, M. F., & Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan pembelajaran fisika pada materi cahaya dengan media PhET simulationsuntuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(01),76-80https://www.google.com/

Nadira., Tawil, M., & Arsyad, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gender peserta didik kelas XI SMA negeri 1 Majene. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSF), 10, 2-13.http://eprints.unm.ac.id/18974/

Prihatiningtyas, S., T., Praswoto., & Budi, J. (2013). Implementasi simulasi phet dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor peserta didik pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA. 2(1),18-23.https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505

Saputra, R., Susilawati, S., Ni Nyoma, S. P. V. (2020). Pengaruh penggunaan media simulasi PhET (Physyc Education Technology) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal PIJAR MIPA, 15(2), 110-115 http://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Shridevi A. S., Gayatri L.. Patil., Arif N. K., Rashmi A. G., Satvik, P. S. (2013).Role of audiovisual aid as a teaching - learning methodfor understanding mechanism of labour.J Pub Health Med Res,1(2):97-99. https://www.semanticscholar.org

Sinulingga, P., Theo, J, H., & Budi, S. (2016).Implementasi pembelajaran fisika Berbantuan media simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika.2(1),58-64 https://doi.org/10.21009/1.02109

Tawil, M. (2016). Analisis sikap ilmiah dan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan IPA. Laporan Penelitian UNM. (Tidak dipublikasikan).

Tawil, M., & Dahlan, A. (2021). Application of interactive audio visual media to improve students’creative thinking skill. J. Phys.: Conf. Ser. 1752 012076.https://doi.org/ 10.1088/1742-6596/1752/1/012076

Yafie, E. D. (2019). Pengembangan Kognitif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yoki, A.,Ari, P. M. T., Reisky, B., Zamroni. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dirjend guru dan tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.