ANALISIS SIKAP ILMIAH, AKTIVITAS, DAN RESPON CALON GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJEK DI MASA PANDEMI COVID-19
(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.52048
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bonga, A., Tawil, M. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. JIT: Jurnal IPA Terpadu, 1(1),1-105.
Astuti, E. J. (2014). Analisis korelasi antara sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMPN 4 Bengkulu pada pembelajaran IPA biologi dengan model siklus belajar 5E.Skripsi. Tidak diterbitkan. Bengkulu.
Nisa, C., & Widodo. (2013). Penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa Pada materi pembelajaran membuat aneka lipatan serbet. e-journal boga.2(1),29–32. https://www.google.com/search?
Cobum, P. (1985). Practical guide to computer in education 2nd. California: Addison-Wesley Publication Company Inc.
Creswell, J, W., & Plano Clark,V.L. (2009). Designing and conducting. mixed methods research. London & New Delhi: Sage Publications.
Doosuur, A., Sandra, M. I. (2013).The use of audio-visual materials in the teaching and learning processes in colleges of education in Benue State-Nigeria. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME,) 1(6), 44-55,www.iosrjournals.org
Elijah, O; & Ojowu. (2014). Impact of audio-visual (avs) resources on teaching and learning insome selected private secondary schools in Makurdi. IMPACT: International Journal of Research inHumanities, Arts and Literature (IMPACT: IJRHAL) 2(5), 195-202.https://www.academia.edu/11322
Heinric, R., Molenda, M., & Russel, J.D. (1996). Instruction Technology for Teaching and Learning: Designing Instruction, integrating Computers and using Media. 3rd Ed. Upper Saddle River, NJ: Merril Prentice Hall. Londong : Routledge.
Joyce, B., Weil., Marsha., & Showers, B. (1992). Models of Teaching. Fourth Edition. Boston: Allyn & Bacon.
Joni, P., Sri, Y., Sri, A. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144, https://www.neliti.com/publicati
Khery, Y. d. (2017). Pengaruh context-rich problems berbentuk multimedia interaktif terhadap keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan pemahaman konsep kimia mahasiswa. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3 (1), 636-644. https://doi.org/10.33394/j-ps.v4i2.1151
Mubarok, M. F., & Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan pembelajaran fisika pada materi cahaya dengan media PhET simulationsuntuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 03(01),76-80https://www.google.com/
Nadira., Tawil, M., & Arsyad, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gender peserta didik kelas XI SMA negeri 1 Majene. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSF), 10, 2-13.http://eprints.unm.ac.id/18974/
Prihatiningtyas, S., T., Praswoto., & Budi, J. (2013). Implementasi simulasi phet dan KIT sederhana untuk mengajarkan keterampilan psikomotor peserta didik pada pokok bahasan alat optik. Jurnal Pendidikan IPA. 2(1),18-23.https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2505
Saputra, R., Susilawati, S., Ni Nyoma, S. P. V. (2020). Pengaruh penggunaan media simulasi PhET (Physyc Education Technology) terhadap hasil belajar fisika. Jurnal PIJAR MIPA, 15(2), 110-115 http://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.
Shridevi A. S., Gayatri L.. Patil., Arif N. K., Rashmi A. G., Satvik, P. S. (2013).Role of audiovisual aid as a teaching - learning methodfor understanding mechanism of labour.J Pub Health Med Res,1(2):97-99. https://www.semanticscholar.org
Sinulingga, P., Theo, J, H., & Budi, S. (2016).Implementasi pembelajaran fisika Berbantuan media simulasi PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika.2(1),58-64 https://doi.org/10.21009/1.02109
Tawil, M. (2016). Analisis sikap ilmiah dan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan IPA. Laporan Penelitian UNM. (Tidak dipublikasikan).
Tawil, M., & Dahlan, A. (2021). Application of interactive audio visual media to improve students’creative thinking skill. J. Phys.: Conf. Ser. 1752 012076.https://doi.org/ 10.1088/1742-6596/1752/1/012076
Yafie, E. D. (2019). Pengembangan Kognitif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Yoki, A.,Ari, P. M. T., Reisky, B., Zamroni. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Dirjend guru dan tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Article Metrics
Abstract view : 60 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.