DESKRIPSI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN SE-KELURAHAN SUDIANG KOTA MAKASSAR
(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.51903
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arjun. M., Djudin. T., & Handayani. (2017). Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Tekanan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Alat Peraga. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Caleon, I. S., & Subramaniam, R. (2010). Do Students Know What They Know And What They Don’t Know? Using A Four-Tier Diagnostic Test To Assess The Nature Of Students’ Alternative Conceptions. Research in Science Education. Vol.40 No.3
Campbell, R & Mitchell, L. (2008). BIOLOGI Edisi Kedelapan Jilid 2 (2012). Terjemahan Damaring Tyas Wulandari. Jakarta: Erlangga.
Campbell, R & Mitchell, L. (2012). Biologi. Jakarta: Erlangga.
Faizah. (2016). Miskonsepsi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol.VIII, No 1: 115-128.
Hakim, A., Liliasari., & Kadarohman. (2012). Student Concept Undertanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal Of Educational Sience: Vol.4 No.3. 544-553.
Indriyanti, R. (2019). Implementasi Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Newton. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Khairaty, A., Taiyeb, M., & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik pada Materi Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Three-Tier Test. Jurnal Nalar Pendidikan.
Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.2 No.5
Maison, Safitri, I. C., & Wardana, R. W. (2019). Identification of Misconception of High School Students on Temperature and Calor Topic Using Four-Tier Diagnostic Instrument. EDUSAINS, Vol.11 No.2, 195–202.
Nisa, U., Muhiddin, H. N., & Ramlawati. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Makassar pada Materi Lapisan Bumi. Jurnal IPA Terpadu. 2-12.
Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index Studi Eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pendidikan Sains.
Serway, R., & Jewett, J. (2014). Fisika untuk Sains dan Teknik. Physics. Jakarta: Salemba Teknika.
Siswana, R., Armen., & Helendra. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi fotosintesis pada siswa kelas ix smpn 7 padang menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Jurnal Biosains, Vol.1 No.2, 277–284.
Suliyanah, H. N. P. A. Putri., & L. Rohmawati. (2017). Identification Student’s Misconception Of Heat and Temperature Using Three-Tier Diagnostic Test,” IOP Conf. Ser. Jurnal Phys.
Zayyinah, Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik SMP Dengan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Science Education National Conference. Sampang: Prosiding Senco.
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.