DESKRIPSI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN THREE-TIER DIAGNOSTIC TEST DISERTAI CRI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN SE-KELURAHAN SUDIANG KOTA MAKASSAR

Reniwati Reniwati(1), Nurhayani H. Muhiddin(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i3.51903

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui deskripsi miskonsepsi IPA menggunakan Three-tier Diagnostic Test disertai CRI peserta didik kelas VIII SMPN Se-Kelurahan Sudiang Kota Makassar studi pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 1.108 peserta didik Kelas VIII dengan teknik sampling secara purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 207 peserta didik. Penelitian menggunakan tes tertulis dengan soal pilihan ganda beralasan dengan tingkat keyakinan (three-tier diagnostic test) sebanyak 30 butir soal yang telah melalui validasi ahli dan validasi item. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa miskonsepsi terjadi pada semua konsep yang ada pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan kategori sedang. Persentase miskonsepsi peserta didik pada konsep tekanan hidrostatis sebesar 63,61 (tinggi), tekanan zat padat sebesar 61,83 (tinggi), hukum Archimedes sebesar 58,80 (sedang), hukum Pascal sebesar 59,01 (sedang), tekanan gas sebesar 50,94 (sedang), konsep osmosis dan difusi sebesar 56,18 (sedang) dan konsep kapilaritas sebesar 58,92 (sedang).

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arjun. M., Djudin. T., & Handayani. (2017). Remediasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Tekanan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Alat Peraga. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Caleon, I. S., & Subramaniam, R. (2010). Do Students Know What They Know And What They Don’t Know? Using A Four-Tier Diagnostic Test To Assess The Nature Of Students’ Alternative Conceptions. Research in Science Education. Vol.40 No.3

Campbell, R & Mitchell, L. (2008). BIOLOGI Edisi Kedelapan Jilid 2 (2012). Terjemahan Damaring Tyas Wulandari. Jakarta: Erlangga.

Campbell, R & Mitchell, L. (2012). Biologi. Jakarta: Erlangga.

Faizah. (2016). Miskonsepsi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam Vol.VIII, No 1: 115-128.

Hakim, A., Liliasari., & Kadarohman. (2012). Student Concept Undertanding of Natural Product Chemistry in Primary and Secondary Metabolites Using the Data Collecting Technique of Modified CRI. International Online Journal Of Educational Sience: Vol.4 No.3. 544-553.

Indriyanti, R. (2019). Implementasi Peta Konsep untuk Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Materi Hukum Newton. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Khairaty, A., Taiyeb, M., & Hartati. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik pada Materi Sistem Peredaran Darah dengan Menggunakan Three-Tier Test. Jurnal Nalar Pendidikan.

Khasanah, M., Utami, R. E., & Rasiman, R. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol.2 No.5

Maison, Safitri, I. C., & Wardana, R. W. (2019). Identification of Misconception of High School Students on Temperature and Calor Topic Using Four-Tier Diagnostic Instrument. EDUSAINS, Vol.11 No.2, 195–202.

Nisa, U., Muhiddin, H. N., & Ramlawati. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VII SMPN 24 Makassar pada Materi Lapisan Bumi. Jurnal IPA Terpadu. 2-12.

Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty Of Response Index Studi Eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pendidikan Sains.

Serway, R., & Jewett, J. (2014). Fisika untuk Sains dan Teknik. Physics. Jakarta: Salemba Teknika.

Siswana, R., Armen., & Helendra. (2017). Identifikasi miskonsepsi materi fotosintesis pada siswa kelas ix smpn 7 padang menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice. Jurnal Biosains, Vol.1 No.2, 277–284.

Suliyanah, H. N. P. A. Putri., & L. Rohmawati. (2017). Identification Student’s Misconception Of Heat and Temperature Using Three-Tier Diagnostic Test,” IOP Conf. Ser. Jurnal Phys.

Zayyinah, Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik SMP Dengan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Science Education National Conference. Sampang: Prosiding Senco.


Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.