ANALISIS BUTIR SOAL UTS PROJEK IPAS KELAS X SMK N1 BANDA ACEH MEMANFAATKAN ANATES 4.0 FOR WINDOWS PC PROGRAM
(1) Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(3) Jurusan Biologi, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(4) Jurusan Biologi, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48346
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Alpusari, M. (2015). Analisis Butir Soal Konsep Dasar Ipa 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 for Windows. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i2.2501
Ariany, R. L., & Al-Ghifari, A. (2018). Penggunaan Software Anates Untuk Validasi Instrumen Tes. Al-Khidmat, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3327
Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.398
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.
Fietri, W. A., Zulyusri, & Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 2477–6181.
Friatma, A., Syamsurizal, & Helendra. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri Wilayah Selatan Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2015/2016. Bioeducation Journal, I(2), 50–67.
Hasan, M. & I. (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (2nd ed.). Bumi Aksara.
Ifeoma, E. F. (2022). The Role of Evaluation in Teaching and Learning Process in Education. International Journal of Advanced Academic and Educational Research, 13(5), 120–129. https://doi.org/2726145223713511
Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23.
Klodiana Kolomitro. (2017). A survey on evaluation practices in teaching and learning centres. International Journal For Academic Development, 3(22), 186–198.
Loka Son, A. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 1(10), 41–52.
Love, A. J. (2010). Understanding Approaches to Evaluation (Third Edit). International Encyclopedia of Education.
Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Teori, Praktek dan Penelitian (T. E. U. Press (ed.)).
Mujianto, S. (2017). Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213.
Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(10).
Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 1(1), 1–9. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/4065
Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar (8th ed.). PT. Bumi Aksara.
Purwanto. (2011). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Putri Maiyusri Eka, Syamsurizal Syamsurizal, L. L. (2022). Analyzed Question Quality of School Examinations Class IX Science Subjects. 6(1), 40–47.
Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(14).
Sanjaya, W. (2008). Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Shinde, S. (2022). IMPORTANCE OF EVALUATION IN TEACHING LEARNING PROCESS. Scholarly Research Journal for Humanity Science & English Language,. https://oaji.net/articles/2022/1201-1670914970.pdf
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796
Subari, A., Lufri, L., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Biologi Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 45. https://doi.org/10.33394/bjib.v9i1.3612
Sudijono, A. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Pendidikan. Rajawali Pers.
Syafti, N. K., Darussyamsu, R., Selaras, G. H., & Syamsurizal, S. (2019). Analyzed Quality Question Type Multiple Choices Questions (MCQ) of Final Exam Even Semester on Biology Course Class XI SMA Negeri Se-Kecamatan IV Jurai Academic Year 2017/2018. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 200. https://doi.org/10.24036/apb.v4i1.5475
Syahril, Hadiyanto, Nelfia Adi, T. A. N. (2020). Pemberdayaan Aset Sekolah Dan Instansi Pemerintah Melalui Workshop Sistem Manajemen Aset. Jurnal Halaqah., 2(2), 3.
Syamsurizal. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur. Jurnal Osf, 1–11.
Syarif, E. A., & Syamsurizal, S. (2019). Analyzed Quality of Senior High School Biology Olympiad Questions at West Sumatera, Riau, Jambi, and Bengkulu in 2018. Bioeducation Journal, 3(2), 142–150. https://doi.org/10.24036/bioedu.v3i2.194
Tomas de Aquino. (2020). (Pdf) Assessment and Evaluation in Education. Research Gate, July. https://www.researchgate.net/publication/342918149_ASSESSMENT_AND_EVALUATION_IN_EDUCATION
Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Article Metrics
Abstract view : 517 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.