ANALISIS BUTIR SOAL UTS PROJEK IPAS KELAS X SMK N1 BANDA ACEH MEMANFAATKAN ANATES 4.0 FOR WINDOWS PC PROGRAM

Ida Elfira(1), Putri Nilam Sari(2), Syamsurizal Syamsurizal(3*), Lufri Lufri(4),

(1) Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(2) Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(3) Jurusan Biologi, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(4) Jurusan Biologi, Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i2.48346

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas soal menggunakan program Anates versi 4 pada UTS mata pelajaran Projek IPAS kelas X SMK N 1 Banda Aceh. Kajian ini melibatkan metodologi kuantitatif yang jelas dengan strategi pemilihan informasi sebagai prosedur ujian, khususnya soal UTS sejumlah 10 soal uraian. Populasi penelitian 60 siswa kelas X Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen pada Program Keahlian Pemasaran dan Bisnis Online SMK N 1 Banda Aceh dengan jumlah sampel 60 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat keandalan pertanyaan memiliki kualitas yang sangat tinggi, yaitu 0,88. Konsekuensi dari penyelidikan kekuatan pemisah dari pertanyaan hanya 4 pertanyaan yang rasional untuk digunakan, khususnya pertanyaan no 6,7,8,9 sedangkan 6 hal 1,2,3,4,5 dan 10 tidak rasional untuk digunakan. Pada analisis tingkat kesukaran soal tidak ada yang memenuhi kriteria tingkat kesukaran karena semua yang diujikan berada pada tingkat mudah dan sangat mudah dengan persentasi tingkat kesukuran semua berada di atas 0,3, dan analisis validitas tes terdapat satu soal tidak valid untuk digunakan yaitu soal no 3, sementara sembilan pertanyaan lainnya valid untuk digunakan. Secara umum soal UTS untuk kelas X Projek IPAS di SMK N 1 Banda Aceh masih belum memenuhi standar instrumen penilaian pembelajaran dan belum dapat digunakan untuk mengukur seberapa baik proses pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Alpusari, M. (2015). Analisis Butir Soal Konsep Dasar Ipa 1 Melalui Penggunaan Program Komputer Anates Versi 4.0 for Windows. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 106. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v3i2.2501

Ariany, R. L., & Al-Ghifari, A. (2018). Penggunaan Software Anates Untuk Validasi Instrumen Tes. Al-Khidmat, 1(1), 73–78. https://doi.org/10.15575/jak.v1i1.3327

Arif, M. (2015). Penerapan Aplikasi Anates Bentuk Soal Pilihan Ganda. Edutic - Scientific Journal of Informatics Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/edutic.v1i1.398

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.

Elviana. (2020). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Program Anates. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.

Fietri, W. A., Zulyusri, & Violita. (2021). Analisis Butir Soal Biologi Kelas XI Madrasah Aliyah Sakinah Kerinci Menggunakan Program Komputer Anates 4.0 For Windows. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 7(1), 2477–6181.

Friatma, A., Syamsurizal, & Helendra. (2017). Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri Wilayah Selatan Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2015/2016. Bioeducation Journal, I(2), 50–67.

Hasan, M. & I. (2014). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (2nd ed.). Bumi Aksara.

Ifeoma, E. F. (2022). The Role of Evaluation in Teaching and Learning Process in Education. International Journal of Advanced Academic and Educational Research, 13(5), 120–129. https://doi.org/2726145223713511

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23.

Klodiana Kolomitro. (2017). A survey on evaluation practices in teaching and learning centres. International Journal For Academic Development, 3(22), 186–198.

Loka Son, A. (2019). Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran Dan Daya Beda Butir Soal. Gema Wiralodra, 1(10), 41–52.

Love, A. J. (2010). Understanding Approaches to Evaluation (Third Edit). International Encyclopedia of Education.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Teori, Praktek dan Penelitian (T. E. U. Press (ed.)).

Mujianto, S. (2017). Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2(2), 192–213.

Muluki, A. (2020). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV Mi Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(10).

Nurzannah, N., Ginting, N., & Setiawan, H. R. (2020). Implementation Of Integrated Quality Management In The Islamic Education System. Proceeding International Seminar of Islamic Studies, 1(1), 1–9. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/article/view/4065

Oemar Hamalik. (2008). Proses Belajar Mengajar (8th ed.). PT. Bumi Aksara.

Purwanto. (2011). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Putri Maiyusri Eka, Syamsurizal Syamsurizal, L. L. (2022). Analyzed Question Quality of School Examinations Class IX Science Subjects. 6(1), 40–47.

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis Kualitas Soal Pra Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(14).

Sanjaya, W. (2008). Perencanan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Shinde, S. (2022). IMPORTANCE OF EVALUATION IN TEACHING LEARNING PROCESS. Scholarly Research Journal for Humanity Science & English Language,. https://oaji.net/articles/2022/1201-1670914970.pdf

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796

Subari, A., Lufri, L., & Syamsurizal, S. (2021). Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Biologi Kelas XI MAN 2 Kota Jambi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 9(1), 45. https://doi.org/10.33394/bjib.v9i1.3612

Sudijono, A. (2018). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Pendidikan. Rajawali Pers.

Syafti, N. K., Darussyamsu, R., Selaras, G. H., & Syamsurizal, S. (2019). Analyzed Quality Question Type Multiple Choices Questions (MCQ) of Final Exam Even Semester on Biology Course Class XI SMA Negeri Se-Kecamatan IV Jurai Academic Year 2017/2018. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 200. https://doi.org/10.24036/apb.v4i1.5475

Syahril, Hadiyanto, Nelfia Adi, T. A. N. (2020). Pemberdayaan Aset Sekolah Dan Instansi Pemerintah Melalui Workshop Sistem Manajemen Aset. Jurnal Halaqah., 2(2), 3.

Syamsurizal. (2020). Validitas dan Reliabitas Alat Ukur. Jurnal Osf, 1–11.

Syarif, E. A., & Syamsurizal, S. (2019). Analyzed Quality of Senior High School Biology Olympiad Questions at West Sumatera, Riau, Jambi, and Bengkulu in 2018. Bioeducation Journal, 3(2), 142–150. https://doi.org/10.24036/bioedu.v3i2.194

Tomas de Aquino. (2020). (Pdf) Assessment and Evaluation in Education. Research Gate, July. https://www.researchgate.net/publication/342918149_ASSESSMENT_AND_EVALUATION_IN_EDUCATION

Wiguna, S. (2021). Aplikasi Anates Dalam Evaluasi Pembelajaran. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.


Article Metrics

Abstract view : 511 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.