PENGARUH METODE PEMBELAJARAN RESITASI PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

Desika Rosiana Putri(1), Bening Rahmawati(2), Nisrina Nabila Latifah(3), Nuryunita Dewantari(4*), Riva Ismawati(5),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(4) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(5) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Tidar, Jawa Tengah, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.39849

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meganalisis pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar IPA SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan studi pustaka atau studi literatur yang dilaksanakan dengan mengumpulkan referensi dari berbagai penelitian yang telah dilakukan. Analisis data yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode pembelajaran resitasi. Setelah diterapkannya metode resitasi, hasil belajar siswa menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Metode resitasi juga melatih siswa untuk mandiri serta mempertanggungjawabkan atas tugasnya sendiri serta memfasilitasi siswa dalam kemampuan kognitifnya.

Full Text:

PDF

References


Bansu, D. A., Ramlawati, R., & Yunus, S. R. (2019). Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 7 Wonomulyo (Studi Pada Materi Pokok Sistem Organisasi Kehidupan). Jurnal IPA Terpadu, 2(2), 32–38. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i2.11165

Daroni, M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA ( Materi Pokok Mendeskripsikan Karakteristik Sistem Tata Surya ) Melalui Strategi Kooperatif Model Resitasi Siswa Kelas IX MTS Imam Al Ghozali Panjerejo Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 2, 291–297.

Dewi, P. C., Ashari, & Ngazizah, N. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep dan Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa SMP Negeri 9 Purworejo Kelas VII Tahun Pelajaran 2013/2014. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 49–52.

Hartanto, R. S. W., & Dani, H. (2016). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Software Autocad. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1–6.

Kasmir, K. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 340–350. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.58

Lana, K., & Malan, I. H. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Konsep Gaya dengan Menggunakan Metode Resitasi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 22 Halmahera Selatan. KUANTUM Jurnal Pembelajaran & Sains Fisika, 2(1), 27–40. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.4862359

Lesmana, A., & Aminatun, T. (2019). Keefektifan Model Problem Posing Dipadu Metode Resitasi terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(5), 580. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12414

Mukhlis. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Sub Tema Suhu Dan Kalor Melalui Model Pembelajaran Eksploratif Dan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas V Upt. Sd Negeri 04 Saruaso. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(2), 223–232. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.652

Putra, I. W. A., & Sasinggala, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Demokratik dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa IPA SMP Negeri 1 Dumoga. SCIENING : Science Learning Journal, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.30

Putri, S. I. (2020). Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Masker Kain dalam Pencegahan Transmisi Covid-19. Jurnal Kesehatan Manarang, 6(khusus), 10.

Santoso, A. E. A. (2020). Metode Pembelajaran Pemberian Tugas (Resitasi). Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 2(2), 219–227.

Sidani, L. K., Hatibe, A., & Darmadi, I. W. (2021). Pengaruh Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kalor dan Perpindahannya The Effect of the Recitation Method in the Cooperative Learning Model to Improve Learning Outcomes of Heat and Its Transfer kemaj. 9(4), 141–148.

Sitorus, E. R. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Kompetensi Dasar Sistem Koordinasi dan Alat Indera Manusia Melalui Metode Pembelajaran Resitasi pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.I No.(2), 2–4.

Sukarni, W., Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review: Implementasi Sistem Sosial Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Sikap Siswa. Journal Evaluation in Education (JEE), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37251/jee.v2i1.163

Taskirah, A., & Dupa, Y. (2021). Perbanndingan Metode Diskusi Dengan Dengan Metode Resitasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Celebes Biodeversitas, 4(2), 1–9.

Tonaiyo, H., Ilato, R., & Isa, R. (2020). Penerapan Metode Resitasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4468

Yassir, Rika, S. (2020). Penerapan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Struktur Jaringan Organ Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 1 Lawe Bulan Kutacane Tahun Ajaran 2018. Serambi Konstruktivis, 2(3), 43–52.

Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Zayyadi, M. (2016). Perbandingan Prestasi Belajar antara Siswa yang Diajar Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing dengan Metode Tugas dan Resitasi. Jurnal Kependidikan, 9(2), 139–142.

Zebua, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(1), 80–86. https://doi.org/10.53695/js.v2i1.519


Article Metrics

Abstract view : 258 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.