PENERAPAN E-LKPD BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSN BARRU

Miftahul Jannah(1), Muhammad Aqil Rusli(2*), Nurhayani H. Muhiddin(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.35901

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kategori KPS peserta didik  kelas VIII MTsN Barru sebelum penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual, (2) Kategori KPS peserta didik kelas VIII MTsN Barru setelah penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual, (3) Kategori peningkatan KPS peserta didik kelas VIII MTsN Barru dengan penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual, (4) Adanya peningkatan KPS peserta didik yang signifikan setelah penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual. Penelitian ini merupakan pra-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN Barru. Pengambilan sampel melalui teknik Purposive Sampling sehingga terpilih 2 kelas dengan jumlah 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dengan kesimpulan: (1) Kategori KPS peserta didik kelas VIII MTsN Barru sebelum penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual adalah rendah dengan rata-rata skor 6,32, (2) Kategori KPS peserta didik kelas VIII MTsN Barru setelah penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual adalah sedang dengan rata-rata skor 14,75. (3) Kategori peningkatan KPS peserta didik kelas VIII MTsN Barru dengan penerapan E-LKPD berbantuan laboratorium virtual adalah sedang dengan rata-rata skor N-Gain 0,45. (4) Terdapat peningkatan KPS peserta didik yang signifikan setalah penerapan E-LKPD berbantuan Laboratorium virtual.

Full Text:

PDF

References


Abdjul, T., & Ntobuo, N.E. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Virtual Laboratory Berbasis Phet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 7(3), 26-31.

Amir, H., Amida, N., Elvia, R., dkk. (2021). Pelatihan LKPD Elektronik Berbasis Virtual Laboratory PhET Bagi Guru Kimia Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(2), 36-39.

Charli, L., Amin, A., & Agustina, D. (2018). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggan Tahun Pelajaran 2016/2017. JOEI: Journal of Education and Instruction, 1(1), 42-50.

Fitriasari, D. N., & Yuliani. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbantuan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 510-522

Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 14-22.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills: Dept. of Physics, Indiana University.

Hamadi, A. A., Priyayi, D. F., & Astuti, S. P. (2018). Pemahaman Pendidik Terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Penerapannya dalam Pembelajaran IPA SMP Salatiga. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 6(2), 42-53.

Humairah, N.I., Khaeruddin., & Yani, A. (2021). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF). 17(2), 104-112

Lailiah, I., Wardani, S., Sudarmin., & Sutanto, E. (2021). Implementasi Guided Inquiri Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Redoks dan Tata Nama Senyawa Kimia. jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 15(1), 2792-2801.

Rosyida, B. F., & Nurita, T. (2018). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pemisahan Campuran Melalui Pembelajaran Guided Inquiry. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 6(2), 421-425.

Sakdiah., Mursal., & Syukri, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan KPS Materi Listrik Dinamis Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 41-49.

Saleh, S. Y., Muhiddin, N. H., & Rusli, M. A. (2020). Studi Keterampilan Proses Sains (KPS) Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 12 Makassar. Jurnal IPA Terpadu, 72-86.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Suwardani, Asrial, & Yelianti, U. (2021). Analisis Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(3), 185-194.

Tiro, M. A. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran daring. Pensa e-jurnal : pendidikan sains, 9(3), 378-385.


Article Metrics

Abstract view : 224 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.