ANALISIS KEMAMPUAN PESETA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL-SOAL LEVEL C4 (MENGANALISIS) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 27 MAKASSAR (STUDI PADA MATERI POKOK GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI)

Mersi Ruruk Parimata(1), Nurhayani H. Muhiddin(2*), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.25820

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik menyelesaikan soal-soal C4 (menganalisis) pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 27 Makassar. Metode penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survey deskriptif. Populasi penelitian sebanyak402 peserta didik SMPN 27 Makassar dengan penentuan jumlah sampel menggunakan Rumus Slovin secara Random Class Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 200 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar kognitif level menganalisis, pada materi getaran, gelombang dan bunyi. Tes hasil belajar ini berbentuk essay yang berjumlah sembilan (9) soal yang telah divalidasi ahli dan empiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA level menganalisis pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 27 Makassar dengan materi getaran, gelombang dan bunyi yaitu kemampuan membedakan sebesar 64,27% (sedang), mengorganisasi sebesar 59,82% (rendah), mengatribusi sebesar 69,2% (sedang), dan secara keseluruhan hasil belajar kognitif IPA level menganalisis sebesar 64,43% (sedang).

Full Text:

PDF

References


Agnes, E. A. B., Ramlawati & Aqil, M. R. 2020. Analisis Hasil Belajar Kognitif IPA Level Menganalisis pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Makassar. Makassar:JIT.

Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call for Papers.

Iffa, U., Fakhruddin, & Yennita. (2017). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMP N 1 Salo dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional IPA Fisika tingkat SMP/MTs. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Indahwati, N., Ramlawati & Aqil, M. R. 2020. Analisis Kemampuan Peserta Didik Menyelesaikan Soal- Soal LevelC4 ( Menganalisis) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar. Makassar:JIT.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, R. I. (2013). Buku guru ilmu pengetahuan alam SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Author.

Na’im Zulfatun. 2019. Pengembangan Tes Diagnostik Berbasis Higher-Order Thingking Skills pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Malang.

Saptono, S., Rustaman, N.Y., Saefudin, & Widodo, A. (2013). Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif (IAAF) dalam Pembelajaran Biologi Sel untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 32.

Widana, W. (2017). Modul Penyusun Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Saptono, S., Rustaman, N.Y., Saefudin, & Widodo, A. (2013). Model Integrasi Atribut Asesmen Formatif (IAAF) dalam Pembelajaran Biologi Sel untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Analitik Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 32.


Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.