PENELITIAN PENDAHULUAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMEN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU FISIKA

Dewi Hikmah Marisda(1*), Ardiansah Hasin(2), Riskawati R(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Indonesia Timur
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.25685

Abstract


Karakteristik mata kuliah Fisika Dasar pada kurikulum Prodi Pendidikan Fisika UNISMUH Makassar menekankan pada proses aktif penggunaan pikiran dalam mempelajari gejala alam. Penelusuran mengenai instrumen tes (assessmen) pada mata kuliah Fisika Dasar 3 (tiga) tahun terakhir merupakan dasar yang memberikan intervensi bagi peneliti melalui riset, maupun bagi dosen pada pemilihan perangkat penilaian (assessmen) yang tepat untuk perkuliahan Fisika Dasar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif jenis analisis isi atau dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, kemudian melakukan analisis soal (instrument tes) menggunakan lembar penilaian dan rubrik penilaian. Analisis dilakukan oleh tiga jenis sumber, yaitu dosen pengampu mata kuliah, peneliti, dan perwakilan mahasiswa. Setelah data diperoleh selanjutnya dilakukan Focus Group Discussion dan telaah terhadap instrument tes yang digunakan pada mata kuliah Fisika Dasar 3 (tiga) tahun terakhir. Dari hasil penelitian ditawarkan untuk mengembangkan penilaian, dalam hal ini instrument assessmen yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis, khususnya pada keterampilan interpretasi, analisis, dan inferensi. Pengembangan keterampilan berpikir kritis perlu dilakukan dalam rangka menyiapkan calon guru Fisika untuk menghadapi tantangan perkembangan abad 21 (dunia kerja).

Full Text:

PDF

References


A’yunina, Q., Sudarti, & Subiki. (2019). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal UN Fisika SMA pada Materi Medan Magnet Siswa Kelas XII di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jurnal Penelitian Ilmiah Intaj, 03(02), 1–25.

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 6(1).

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam

Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53.

Asmawati, E. Y. S., Rosidin, U., & Abdurrahman. (2018). Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 6(2), 130. Retrieved from http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/1318

Erwin, E., Permana, I., & Hayat, M. S. (2018). Strategi Evaluasi Program Praktikum Fisika Dasar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 12. Retrieved from https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i1.2308

Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi pada Akhir Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 27–31. Retrieved from http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/573/399

Khaeruddin, Amin, B. D., & Jasruddin. (2013). Analisis keterampilan berpikir kritis pada Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Kurnianto, P., Dwijananti, P., & Khumaedi. (2010). Pengembangan kemampuan menyimpulkan dan mengkomunikasikan konsep fisika melalui kegiatan praktikum fisika sederhana. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 6–9.

Mahanal, S. (2019). Asesmen Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 51–73.

Marisda, D. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 267–275. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/325

Marisda, D. H., & Ma’Ruf, M. (2021). Situation analysis of mathematical physics learning with online learning during the COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 15–20. Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012034

Ningsih, D. L., Marpaung, R. R. T., & Yolida, B. (2018). Analisis Soal Ujian Nasional Biologi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bioterdidik, 6(6), 1–10.

Ningsih, D. R., Ramalis, T. R., & Purwana, U. (2018). Analisis Teori Respon Butir, 3(2), 45–50.

Ningtyas, D. A., & Tenzer, A. (2018). Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Proses Dalam Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1–9.

Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21 Critical Thinking Profile Of Students Of Biological Teacher Candidate As Efforts To Prepare 21 St Century Generation. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96.

Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Problem-Based Learning Development Of Physics Learning Devices Based On Critical Thinking Skills In Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 06(1), 125–135. Retrieved from https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.648

Ramdani, A., Jufri, A. W., Jamaluddin, J., & Setiadi, D. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Dasar IPA Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 119. Retrieved from https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.388

Ritdamaya, D., & Suhandi, A. (2016). Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 02(2), 87–96. Retrieved from https://doi.org/10.21009/1.02212

Syam, M., & Efwinda, S. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning ( PBL ) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di FKIP Universitas Mulawarman, 1–5.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2016). Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Penggunaan Media Laboratorium Virtual Pada Mata Kuliah Fisika Dasar Universitas Papua. Jurnal Pancaran Pendidikan, 5(3), 99–110.

Zainudin, Z., & Pambudi, B. (2019). Efektifitas Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Dasar Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Aplikasi Edmodo Berplatform Android. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 17. Retrieved from https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1039


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.