PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK SMP KELAS VII PADA MATERI TATA SURYA

Nur Amelia Amir(1), Sitti Rahma Yunus(2*), Hasanuddin Hasanuddin(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.25375

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk menghasilkan sebuah produk E-Modul berbasis Flipbook bertujuan untuk mengetahui 1) Validitas Media Pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook pada materi Tata Surya SMP Kelas VII, 2) Tingkat kepraktisan Media Pembelajaran E-Modul berbasisi Flipbook pada materi Tata Surya SMP Kelas VII, 3) Peningkatan minat baca peserta didik dalam penggunaan Media Pembelajaran E-Modul berbasis Flipbook pada materi Tata Surya SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji coba produk ini dilaksanakan di MTsN 2 Makassar kelas VII, dengan jumlah subjek 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran e-modul berbasis flipbook yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, berdasarkan respon pendidik dan peserta didik media pembelajaran e-modul berbasis flipbook dikatakan praktis dan cukup praktis, dan berdasarkan angket minat baca dikategorikan rendah.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Aprilia, F., Lustyantie, N., & Rafli, Z. (2020). Pengaruh Minat Baca Terhadap Motivasi Berprestasi Mahasiswa Universitas Bina Darma Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, 139–145.

Asniar, A., Muharam, L. O., & Silondae, D. P. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10484

Azwar, S. (2008). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Bahri, A., Hidayat, W., & Muntaha, A. Q. (2018). Penggunaan Media Berbasis AutoPlay Media Studio 8 untuk MeningkatkanAktivitas dan Hasil Belajar Siswa: Sebuah Inovasi Media Pembelajaran Using AutoPlay Media Studio 8-based Media to Improve Students’ Activities and Learning Outcome: An Innovation of Learning Media. 15(1), 394–402.

Djumhana, N. (2009). Modul 8 Pembelajaran IPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Gregory, R. J. (2007). Psychological Testing : History, Principles, and Applications. Pearson.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. http://lists.asu.edu/cgi-bin/wa?A2=ind9903&L=aera-d&P=R6855

Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105–119. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5733

Ritonga, N. (2017). Analisis Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Biologi di SMP Negeri Se-Kec. Medan Kota. Cahaya Pendidikan, 3(2), 77–87. https://doi.org/10.33373/chypend.v3i1.872

Rosma Aryani, P., Akhlis, I., Subali Jurusan Fisika, B., & Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality pada Peserta Didik untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep IPA. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 91–101. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33309

Sugandi, E. (2018). Blended Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Matematika Bagi Generasi Digital. National Conference on Mathematics, Science and Education (NACOMSE), 1(01), 225–234.

Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 101–116. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860

Syamsir, M., Danial, M., & Syahrir, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Discovery Learning Berorientasi Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 205–220. https://doi.org/10.26858/cer.v3i2.13315

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147–156. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021


Article Metrics

Abstract view : 356 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.