PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP YPS SINGKOLE SOROWAKO

Ramlawati Ramlawati(1*), Nabila Attahira(2), Salma Samputri(3),

(1) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v7i1.22240

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan media audio visual, 2) besar peningkatan hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan media gambar, dan 3) perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang diajarkan dengan media audio visual dan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan Nonequivalent Control Group Design dengan Populasi seluruh peserta didik kelas VII SMP YPS Singkole yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 191 orang. Pemilihan sampel secara purposive sampling yaitu kelas eksperimen 32 orang dan kelas kontrol 32 orang. Hasil analisis deskriptif hasil belajar peserta didik diperoleh skor rerata pada kelas eksperimen 18,34 dan kelas kontrol 14,69. Sedangkan tingkat hasil belajar peserta didik diperoleh skor rerata pada kelas eksperimen 0,47 kategori sedang dan kelas kontrol 0,30 tergolong kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan uji-t hasil belajar di peroleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” = 16,47 < π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ = 1,66, pada taraf signifikan (Ξ±) = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak sedangkan H1 diterima dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik SMP YPS Singkole Sorowako pada pokok bahasan sistem tata surya.

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. (2014). Manajemen Penyajian Analisis Data Sederhana. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, A. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Anderson & Krathwohl. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesemen. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Aryani, R. D., Indrawati, & Mahardika, K. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (GD) Disertai Media Audio visual dalam Pembelajaran IPA (FISIKA) di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6. No. 4.

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol. 15. No. 2.

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. (1995). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Fathimah, S., Sidik, S., & Rahman, R. (2020). Google Docs Sebagai Pengerjaan Tugas Kelompok Dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. Vol. 4. No. 3.

Gunawan. (2016). Pemetaan Profil Kemampuan Penalaran Calon Guru Fisika di FKIP Universitas Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol.II. No. 1.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20

Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3. No.4.

Haryanti, A. S. (2018). Penggunaan Media Gambar dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tanggerang. Jurnal Kredo. Vol. 1. No. 2.

Hayati, N., Ahmad. M.Y, & Febri, H. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al- Hikmah. Vol. 14. No. 2.

Hilmi. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal. Vol. 4. No. 2.

Kemendikbud. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulim dan Perbukuan.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah- Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37. No. 1, 31.

Muhibbin, S. (2008). Psikologi Belajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. VIII. No.2, 6-7 dan 4.

Mulyasa, I, D., & Aryani, W. D. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran (Sesuai Standar Proses). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 3. No. 1.

Purwono, J., Sri, Y., & Sri, A. (2014). Penggunaan Media Audio visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 2. No. 2.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, D. N., Utami, S., & Endang, U. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V. Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Vol. 1. No. 1.

Sayidiman. (2012). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Merangsang Minat Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Seni Tari. Publikasi. Vol. II. No. 1.

Sinar. (2018). Metode Active Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 2. No. 1.

Surahmadi, B. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Termanggung. Unnes Science Education Journal. Vol. 5. No. 1.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, 103.

Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Pertama. (2017). Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Umar & Metro, Satin Jurai Siwo. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Media Pendidikan, Vol. 11. No.1, 132.

Wahyni, T., Widiyatmoko, A., & Akhlis, I. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio visual pada Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan pada Siswa SMP. Unnes Science Journal. Vol. 4. No. 3.

Yuswanti. (2016). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3. No. 4.


Article Metrics

Abstract view : 132 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

Β 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT)Β is licensed under aΒ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.