PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII (STUDI PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA)

Firiyal Afifah Ahmad(1*), Muhammad Tawil(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selayar yang diajar menggunakan media audio-visual. 2) Untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selayar yang diajar menggunakan media konvensional. 3) Untuk menguji hipotesis bahwa pembelajaran menggunakan media audio-visual lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan media konvensional. Jenis Penelitian ini adalah Quasi-eksperment dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalen control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selayar. Sampel dipilih dengan teknik sampling (accidental sampling) dimana pengambuilan sampel yang dilakukan secara kebetulan. Kelas yang sengaja dipilih adalah kelas VIIIi sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 24 orang dan kelas VIIIh sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rata-rata peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media audio visual  terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selayar berada pada kategori tinggi dengan skor N-Gain sebesar 0,74. 2) Rata-rata peningkatan hasil belajar dengan menggunakan media konvensional  terhadap peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Selayar berada pada kategori sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,59. 3) Hasil belajar peserta didik pada kelas VIII SMP Negeri 1 Selayar yang diajar menggunakan media audio visual lebih tinggi dibanding hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t hasil belajar peserta didik memperlihatkan H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ege, B. & Mrio A. (2012). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah pertama Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Vox Edukasi, Hal. 72-81. Vol. 3 No. 4

Fujiyanto, A. A. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1. No. 1.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change, Gain Score. Http://www.physich.indiana.edu/.

Jalinus, N. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kariasi, K. M. (2016). Penerapan Multimedia Model Simulasi dalam Pemebelajaran IPA Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII SMP Negeri 1 Ulubongk Kabupaten Tojo Una Una. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Vol. 5. No. 3. Hal. 31-35. ISSN: 2089-8630.

Purwono, J. S. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Materi Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2 No. 2 Hal. 127-144. ISSN: 2354-6441.

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saenab, S., Ramlawati, dan Irma S. (2018). Pengaruh Media Video Dengan Pendekatan Kontektual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTS Negeri Gantarang Kab. Bantaeng (Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu, Vol. 1 No. 2 Hal. 57-67.Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Media Prenada Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran (Teori & Aplikasi). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tiro. (2015). Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira Publisher.

Wahyuni, T. A. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audiovisual pada Pembelajaran Energi dalam Sistem Kehidupan Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA UNNES, Hal. 998-1004. Vol. 4 No. 3.


Article Metrics

Abstract view : 1097 times | PDF view : 146 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.