DESKRIPSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK TWO – TIER MULTIPLE CHOICE QUESTION DI KELAS VIII

Nurmawaddah Nurmawaddah(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Aqil Rusli(3),

(1) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(2) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(3) Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i1.12348

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi tingkat miskonsepsi peserta didik di kelas VIII SMPN 3 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Makassar yang berjumlah 393 orang sekaligus sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes diagnostik two-tier multiple choice question berbentuk pilihan ganda beralasan yang disertai dengan CRI (Certainty Response Index) yang berjumlah 20 item. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes diagnostik two – tier multiple choice question. Teknik analisis data dilakukan dengan berpedoman pada jawaban peserta didik yang diberikan pada tingkat pertama, tingkat kedua dan tingkat keyakinan sehingga dapat diketahui jumlah peserta didik yang paham konsep, miskonsepsi, serta tidak paham konsep.  Hasil analisis data menunjukkan bahwa miskonsepsi peserta didik yang teridentifikasi terjadi di setiap konsep pada materi gerak pada benda. Tingkat miskonsepsi peserta didik pada konsep gerak lurus memiliki persentase sebesar 57,5% dan untuk konsep gaya persentase miskonsepsi peserta didik sebesar 41,7%. Sedangkan untuk konsep Hukum Newton memiliki persentase miskonsepsi sebesar 49,6%.

Full Text:

PDF

References


Arslan, H. O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. (2012). A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers' Misconception about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain. International Journal of Science Education.

Hasan, S. B. (1999). misconceptions and the certainty of response index. physic education.

Mustaqim, T. A. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) pada Konsep Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan. Edusains.

Ormrod, J. E. (2009). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Siswana, R. A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Materi Fotosintesis pada Siswa Kelas IX SMPN 7 Padang Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Biosains.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan dalam Konsep Fisika. jakarta: Grasindo.

Tuysuz, C. (2009). Development of Two-tier Diagnostic Instrument and Asses students Understanding in Chemistry. Academic Journal of Scientific Research and Essay, 4 (6).

Wisudawati, A. W. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Sawo Raya.

Wiyono, F. M., Sugiyanto, dan Erni Y. (2016). Identifikasi Hasil Analisis Miskonsepsi Gerak Menggunakan Instrumen Diagnostik Three Tier pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya, 6 (2).


Article Metrics

Abstract view : 384 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.