PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 31 MAKASSAR PADA MATERI LISTRIK STATIS

A. Husnawati Taufiq(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2), Sitti Rahma Yunus(3),

(1) SMP Negeri 6 Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v2i1.11149

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Tingkat hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. (2) Hasil belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis dengan menggunakan model pembelajran langsung. (3) Ada tidaknya pengaruh positif model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis. Instrumen untuk mendapatkan data hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 nomor, diberikan di akhir penelitian. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar, data yang diperoleh dilakukan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk kedua kelas. Hasil analisis data deskriptif diperoleh untuk kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 82,41 dan kelas kontrol rata-rata sebesar 76,30 masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dimana nilai thitung = 2,93 > ttabel  = 1,3  yang artinya ada pengaruh positif model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 31 Makassar pada materi pokok Listrik Statis.

Full Text:

PDF

References


Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Roestiyah. (2012). Strategi Belajar Mengejar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rosarina, G., Sudin, A., Sujana, A. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah. Vol 1 No1

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Suhana, C. (2014). Konsep Stratregi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.

Sudijono, A. (2003). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metodeologi Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tiro, M. A. (2015). Dasar- Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 596 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.