PENINGKATAN MOTIVASI, AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PESERTA DIDIK KELAS VIII 1 DI SMP NEGERI 18 BULUKUMBA

Nurhayati Nurhayati(1*), Sitti Saenab(2), Asriani Asriani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 18 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11145

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus dengan desain perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas dan hasil belajar IPA yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing peserta didik kelas VIII.1 di SMP Negeri 18 Bulukumba. Data penelitian mengenai motivasi belajar peserta didik diperoleh dari angket motivasi belajar peserta didik diisi oleh peserta didik akhir siklus,  data penelitian mengenai aktivitas belajar peserta didik diperoleh melalui lembar observer aktivitas yang diisi oleh observer tiap pertemuan dan data mengenai hasil  belajar IPA peserta didik diperoleh dari tes evaluasi pada akhir siklus. Hasil menunjukkan motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 75%  pada siklus II meningkat menjadi 83%. Aktvitas peserta didik meningkat  dari siklus I ke siklus II yaitu dari 61%  menjadi 83%. Penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi indra penglihatan dan alat optik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata nilai sebesar 74 % pada siklus II meningkat menjadi 86% dan telah mencapai 85% dari peserta didik yang memperoleh nilai ketuntasan secara klasikal. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserat didik kelas VIII.1 SMP Negeri 18 Bulukumba pada materi indra penglihatan dan alat optik dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Yrama Widya.

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta. Pustaka Belajar.

Hanafiah, N dan Cucu S 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.Refika Aditama.

Jatmiko. B, Widodo. W, Putra. S . I. M. 2016. The Development Of Guided Inqury Science Learning Materials To Improve Science Literacy Skill Of Prospective Mi Teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 5. (1)

Saniah, St., Hala, Y., Taiyeb, M, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Bionature. 17.(1).

Uno, H 2011. Model Pemebelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 17 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.