PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 BULUKUMBA (STUDI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11139
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Agustini, T.H. 2012. Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 1 (1) (2012) 16-20. Semarang: Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES Semarang. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. di Akses Pada Tanggal 25 April 2015.
Anderson, L. & Krathwhol, D. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Hadija, S. 2010. Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Randomayang. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No 2, ISSN 2345-614X. Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurrniasih, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.
Maftuhah. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Dalam Konsep Substansi Genetika, Jakarta: Skrips Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sabri, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar & Mikro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press.
Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara.
Selviana, W. 2013. Pengaruh metode Role Playing terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII Smp Negeri 1 Berbah. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yokyakarta.
Siska,Yulia. 2011 Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Diakses (06 Juli 2013). http://ejournal.upi.edufile4-yulia_siska-edit.pdf.
Siregar, E & Nara, H.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta ;Ghalia Indonesia.
Sukmadinata, N. 2007. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Tawil, M. & Liliasari, 2014.Keterampilan-keterampilan sains dan implementasi dalam pembelajaran IPA, Badan penerbit universitas negeri makassar :makassar
Article Metrics
Abstract view : 651 times | PDF view : 120 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar
Alamat Redaksi:
Indexed By:
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.