PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 24 BULUKUMBA (STUDI PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN)

Sitti Rahma Yunus(1*), Sudarto Sudarto(2), Risman Adrianto(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i1.11139

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bulukumba pada materi pokok pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode pembelajaran bermain peran. (2) Hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bulukumba pada materi pokok pencemaran lingkungan dengan menggunakan metode ceramah. (3) Ada tidaknya pengaruh positif metode pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 24 Bulukunba pada materi pokok pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-eksperiment dengan menggunakan Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 24 Bulukumba semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari lima kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol, ditentukan dengan cara random sampling. Instrumen untuk mendapatkan data hasil belajar berupa soal pilihan ganda yang berjumlah 20 item yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, diberikan di akhir penelitian. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar, data yang diperoleh dilakukan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk kedua kelas. Hasil analisis data deskriptif diperoleh untuk kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 75,50 dan kelas kontrol rata-rata sebesar 68,16, masuk pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh positif metode pembelajaran bermain peran terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 24 Bulukumba pada materi pokok pencemaran lingkungan.

Full Text:

PDF

References


Agustini, T.H. 2012. Implementasi Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII 1 (1) (2012) 16-20. Semarang: Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNNES Semarang. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii. di Akses Pada Tanggal 25 April 2015.

Anderson, L. & Krathwhol, D. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Hadija, S. 2010. Penerapan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Randomayang. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No 2, ISSN 2345-614X. Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurrniasih, S. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Jakarta.

Maftuhah. 2008. Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Dalam Konsep Substansi Genetika, Jakarta: Skrips Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sabri, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar & Mikro Teaching. Jakarta: PT Ciputat Press.

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta; Bumi Aksara.

Selviana, W. 2013. Pengaruh metode Role Playing terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII Smp Negeri 1 Berbah. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yokyakarta.

Siska,Yulia. 2011 Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Diakses (06 Juli 2013). http://ejournal.upi.edufile4-yulia_siska-edit.pdf.

Siregar, E & Nara, H.2010. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta ;Ghalia Indonesia.

Sukmadinata, N. 2007. Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tawil, M. & Liliasari, 2014.Keterampilan-keterampilan sains dan implementasi dalam pembelajaran IPA, Badan penerbit universitas negeri makassar :makassar


Article Metrics

Abstract view : 651 times | PDF view : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:
Program Studi Pendidikan IPA FMIPA
Universitas Negeri Makassar

Alamat Redaksi:


Indexed By:

 

Creative Commons License
Jurnal IPA Terpadu (JIT) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.