Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMP Negeri 1 Maiwa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development), model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang merupakan singkatan dari define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Penelitian Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi Kelas IX di SMP Negeri 1 Maiwa dilakukan dengan subjek uji coba sebanyak 68 peserta didik. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan angket dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan E-Comic sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Biologi kelas IX di SMP Negeri 1 Maiwa memperoleh rata-rata penilaian 84.5% dengan kategori “Sangat Valid” dari ahli materi dan 93% dengan kategori “Sangat Valid” dari ahli media. Kemudian frekuensi tanggapan responden terhadap E-Comic sebagai Media Pembelajaran pada Mata pelajaran Biologi Kelas IX di SMP negeri 1 Maiwa berada pada kategori “Sangat Baik” sebanyak 36 responden, kategori “Baik” sebanyak 31 responden dan kategori “Cukup” sebanyak 1 responden. Kecenderungan tanggapan responden berada pada kategori “Sangat Baik” dengan responden sebanyak 36 dari 68 responden.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Soedarso, N. (2015). Komik: karya sastra bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506.
Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154-162.
Nurhayati, N., Aswar, A., & Arifin, I. (2018). Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 2(2), 75-84.
V. Melfionita, Zulhajji, and Sanatang, “Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Berbasis Android Kelas X TKJ SMK Negeri 1 Sumarorong Kabupaten Mamasa” vol. 1, no. 3, pp. 5–10, 2019, [Online]. Available: http://repository.um.ac.id/id/eprint/84988
F. Maryani Yatu, Y. Tjandi, J. M. Parenreng, A. Sa, and ban Miru, “Pengembangan Media Pembelajaran Subnetting IPV4 Berbasis Android pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar,” INTEC J. Inf. Technol. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 93–99, 2022.
K. Amali, Y. Kurniawati, and Z. Zulhiddah, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 2, no. 2, p. 70, 2019, doi: 10.24014/jnsi.v2i2.8151.
Article Metrics
Abstract view : 186 times | PDF view : 76 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Published by:
Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,
Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.
Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: 082191045293
Email: [email protected]