Pengembangan Instrumen Evaluasi Program Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer UNM untuk Mitra Sekolah dengan Model CIPP

Nurul Mukhlisah Abdal(1*), Irwansyah Suwahyu(2), Dwi Rezky Anandari Sulaiman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Dalam rangka memenuhi tuntutan dan kebutuhan akan link and match dengan dunia usaha dan industri, serta pengembangan keilmuan, Perguruan Tinggi dituntut agar dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran yang mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut. Pelaksanaan MBKM tentu saja berhubungan dengan pengembangan kurikulum adaptif dan mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan dan kebutuhan zaman. Untuk mengevaluasi kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP) Mandiri yang diprakarsai oleh Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, peneliti merasa perlu mengevaluasi program tersebut guna mengukur efektivitas program. Instrumen ini digunakan untuk. mengetahui tingkat efektivitas capaian sasaran program AMSP Mandiri Prodi PTIK. Salah satu program evaluasi yang dapat digunakan dalam pembuatan model instrumen evalusi program adalah CIPP (Contex, Input, Process, Product). Uji coba dilakukan melalui tiga jenis pengujian, yaitu (1) Uji ahli; (2) Uji terbatas dilakukan terhadap kelompok kecil sebagai pengguna produk; dan (3) Uji-lapangan (field Testing). Setelah melalui ketiga jenis pengujian tersebut, hasil bahwa instrumen program AMSP Mandiri Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar untuk mitra menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel.

Full Text:

PDF

References


R. Syahyadi, “Sinergitas Pendidikan Vokasi, Pemerintah dan Dunia Usaha-Dunia Industri dalam Menyongsong Merdeka Belajar,” in Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, Lhokseumawe, Nov. 2020, vol. 4, pp. 53–56.

A. Muhid, HEUTAGOGI Memerdekakan Mahasiswa Belajar di Era Revolusi Digital. Malang: Inteligensia Media, 2021.

D. L. Stufflebeam, “Meta Evaluation : An Overview,” Eval Health Prof, vol. 1, no. 1, pp. 17–43, Apr. 1978, doi: 10.1177/016327877800100102.

G. D. Setiawan, “EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN MODEL CIPP DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA,” DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 26–39, 2019.

Endrizal, Wakhinuddin, and Waskito, “Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP,” JIPP, vol. 5, no. 2, pp. 17–26, 2021, doi: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2.

Y. H. P. Purnomo and T. B. Santoso, “Evaluasi Program Seleksi Di Sekolah ‘XM’ Dengan Metode Evaluasi CIPP,” JEMAP, vol. 3, no. 2, pp. 227–244, 2020, doi: 10.24167/jemap.v3i2.2755.

D. I. Yeni, H. Wulandari, and E. Hadiati, “Pelaksanaan Program Pemberian Makanan Sehat Anak Usia Dini : Studi Evaluasi Program CIPP,” MURHUM, vol. 1, no. 2, pp. 1–15, 2020, doi: 10.37985/murhum.v1i2.9.

P. R. P. Jaya and F. Ndeot, “Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif,” PERNIK Jurnal PAUD, vol. 1, no. 1, pp. 10–25, 2018.


Article Metrics

Abstract view : 260 times | PDF view : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

    

Published by:

Jurusan Teknik Informatika dan Komputer,

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar.

Alamat: Kampus UNM Parangtambung, Jl. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: 082191045293

Email: irwansyahsuwahyu@unm.ac.id

website statistics View My Stats