Diskusi Publik Artificial Intelligence (AI): Mengotimalkan AI untuk Perkuliahan bagi Dosen dan Mahasiswa

Sella Mawarni(1*), Citra Rosalyn Anwar(2), Merrisa Monoarfa(3), Hartoto Hartoto(4), Hamsar Hasfat(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i1.62914

Abstract


Abstrak. Mitra pada kegiatan diskusi publik ini adalah Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Makassar angkatan 2023 dan 2021. Diskusi Publik Artificial Intelligence (AI): Mengotimalkan AI untuk Perkuliahan bagi Dosen dan Mahasiswa dilaksanakan berdasarkan permasalahan: (1) kurangnya tingkat pemahaman dosen & mahasiswa tentang konsep dan manfaat AI dalam pembelajaran di perguruan tinggi; (2) tingginya kasus plagiasi yang bersumber dari pemanfaatan AI yang kurang tepat; (3) terbatasnya upaya dari pihak-pihak terkait untuk menyediakan pelatihan dan pembelajaran tentang penggunaan teknologi AI yang tepat dan bijak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa talkshow, diskusi, dan curah pendapat. AI merupakan sebuah teknologi yang seharusnya diposisikan sebagai complement (pelengkap) bukan replacement (pengganti). Bagi dosen, AI dapat menjadi alat pendukung produktifitas sebagai fasilitator pembelajaran. Mahasiswa sebagai generasi muda perlu menyikapi hadirnya AI sebagai alat penunjang tugas belajar yang harapannya dapat digunakan secara bijak. Kegiatan diskusi publik ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait pemanfaatan teknologi AI untuk mendukung perkuliahan bagi dosen dan mahasiswa, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan tentang penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkup pendidikan tinggi.

 

Kata Kunci: Artificial Intelligence (AI), Kecerdasan Buatan, Diskusi Publik, Mahasiswa, Dosen.


Full Text:

PDF

References


Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264-75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510.

Diwaker, C., Sharma, A., & Tomar, P. (2021). Artificial Intelligence in Higher Education and Learning. Impact of AI Technologies on Teaching, Learning, and Research in Higher Education. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4763-2.ch004.

Shi, J., & Xuwei, Z. (2023). Integration of AI with Higher Education Innovation: Reforming Future Educational Directions. International Journal of Science and Research (IJSR). https://doi.org/10.21275/sr231023183401.

Skrabut, S. (2023). 80 Ways to Use ChatGPT in the Classroom: Using AI to Enhance Teaching and Learning. ebook. ISBN 9798985553741.

Zawacki-Richter, O., Marín, V., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators?. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0.


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.