Pelatihan Penyusunan Capaian Pembelajaran Berbasis Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) pada Guru SMKN 4 Gowa

Muhammad Rais(1*), Farida Aryani(2), Yusri Yusri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i1.62323

Abstract


Abstrak.  Mitra kegitan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah SMKN 4 Kabupaten Gowa. Masalah dalam PKM adalah: (1) Guru SMKN 4 Gowa  memerlukan penguatan pemahaman dalam penyusunan Capaian Pembelajaran berbasis Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), 2) Guru SMKN 4 Gowa Perlu melakukan penyelarasan kurikulum pembelajaran dengan terampil menyusun Capaian Pembelajaran berbasis Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Metode yang digunakan adalah: workshop, diskusi, curah pendapat dan praktek penugasan penyusunan Capaian Pembelajaran berbasis IDUKA sesuai dasarkan bidang keahlian guru. Hasil yang diperoleh adalah (1) mitra guru SMKN 4 Gowa, telah mengetahui berbagai indikator budaya kerja IDUKA sebagai bahan integrasi penyusunan Capaian Pembelajaran, (2) mitra guru SMKN 4 Gowa mampu meningkatkan keterampilan dalam menyusun Capaian Pembelajaran Berbasis IDUKA sebagai bentuk dari penyelarasan kurikulum pembelajaran SMK.

 

Kata Kunci: pelatihan, capaian pembelajaran, industri, dunia kerja


Full Text:

PDF

References


Butcher, C., Davies, C. and Highton, M. (2006) Designing Learning. From module outline to effective teaching. London and New York: Routledge

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. DOI: 10.17509/jpp.v18i2.12965

Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Dokumen 005. Jakarta.

Husein, M. T. (2019). Link and Match Pendidikan Sekolah Kejuruan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 39–47. DOI:10.31000/rf.v15i2.2037

Islamiah, Nia., Hariyati, Nunuk., Murtadlo., (2022). Strategi SMK dalam Menjalin Kerjasama Reciprocal dengan Industri dan Dunia Kerja. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Volume 10, No. 2, September. Hal 180-189

Ismara, K. Ima., Pramoni, Herlambang, Sigit., BU, Nugroho.,Dwijonagoro, Suwarna., Kuncoro Hadi, Idris. (2020). Strategi Penerapan Budaya Kerja Industri di Pendidikan Vokasi dengan Selamat dan Sehat. UNY Press. Yogyakarta

Rojaki, Much. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 7 Nomor 1. Hal. 1590-1598

Sugiri. (2019). Implementasi Program Budaya Industri 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di SMK Pembaharuan Purworejo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Shapir Hotel, 21 September 2019. ISBN: 9788-602-53231-4-0.


Article Metrics

Abstract view : 26 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.