Pelatihan Penyusunan Capaian Pembelajaran Berbasis Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) pada Guru SMKN 4 Gowa
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v4i1.62323
Abstract
Abstrak. Mitra kegitan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah SMKN 4 Kabupaten Gowa. Masalah dalam PKM adalah: (1) Guru SMKN 4 Gowa memerlukan penguatan pemahaman dalam penyusunan Capaian Pembelajaran berbasis Industri dan Dunia Kerja (IDUKA), 2) Guru SMKN 4 Gowa Perlu melakukan penyelarasan kurikulum pembelajaran dengan terampil menyusun Capaian Pembelajaran berbasis Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). Metode yang digunakan adalah: workshop, diskusi, curah pendapat dan praktek penugasan penyusunan Capaian Pembelajaran berbasis IDUKA sesuai dasarkan bidang keahlian guru. Hasil yang diperoleh adalah (1) mitra guru SMKN 4 Gowa, telah mengetahui berbagai indikator budaya kerja IDUKA sebagai bahan integrasi penyusunan Capaian Pembelajaran, (2) mitra guru SMKN 4 Gowa mampu meningkatkan keterampilan dalam menyusun Capaian Pembelajaran Berbasis IDUKA sebagai bentuk dari penyelarasan kurikulum pembelajaran SMK.
Kata Kunci: pelatihan, capaian pembelajaran, industri, dunia kerja
Full Text:
PDFReferences
Butcher, C., Davies, C. and Highton, M. (2006) Designing Learning. From module outline to effective teaching. London and New York: Routledge
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. DOI: 10.17509/jpp.v18i2.12965
Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Dokumen 005. Jakarta.
Husein, M. T. (2019). Link and Match Pendidikan Sekolah Kejuruan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 39–47. DOI:10.31000/rf.v15i2.2037
Islamiah, Nia., Hariyati, Nunuk., Murtadlo., (2022). Strategi SMK dalam Menjalin Kerjasama Reciprocal dengan Industri dan Dunia Kerja. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Volume 10, No. 2, September. Hal 180-189
Ismara, K. Ima., Pramoni, Herlambang, Sigit., BU, Nugroho.,Dwijonagoro, Suwarna., Kuncoro Hadi, Idris. (2020). Strategi Penerapan Budaya Kerja Industri di Pendidikan Vokasi dengan Selamat dan Sehat. UNY Press. Yogyakarta
Rojaki, Much. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 7 Nomor 1. Hal. 1590-1598
Sugiri. (2019). Implementasi Program Budaya Industri 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Di SMK Pembaharuan Purworejo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL : Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Shapir Hotel, 21 September 2019. ISBN: 9788-602-53231-4-0.
Article Metrics
Abstract view : 106 times | PDF view : 37 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.