Pelatihan Pembuatan Interface Kontrol Menggunakan HMI Untuk Guru Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Makassar

Labusab Labusab(1*), Ambo Dalle(2), Nurhijrah Nurhijrah(3), Ady Almas(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i1.34169

Abstract


Abstrak. Human Machine Interface (HMI) merupakan salah satu kompetensi yang muncul dari adanya perubahan kurikulum SMK yang mengharapkan kompetensi yang dimiliki peserta didik di SMK harus mengikuti perkembangan dunia usaha dan industri. HMI  umumnya digunakan dalam dunia industri disebut juga sebuah tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi terhadap guru produktif jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Makassar, permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki oleh guru yaitu terbatasnya peralatan praktikum khusus pembuatan interface kontrol menggunakan HMI, hal ini menyebabkan sekolah kesulitan dalam proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran praktikum pembuatan interface kontrol menggunakan HMI.  Rendahnya kompetensi guru di bidang pembuatan interface kontrol menggunakan HMI menyebabkan kurangnya kemampuan pengetahuan dalam mengajarkan materi pembelajaran praktikum elektropneumatik kepada peserta didik secara menarik, inovatif, dan kreatif dan mampu membangkitkan gairah peserta didik dalam belajar dan belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran merupakan permasalahan lain yang ada dalam pembelajaran ini. Pelatihan untuk guru produktif jurusan Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Makassar dilakukan agar guru dapat mengembangkan kompetensinya dalam bidang pembuatan interface menggunakan HMI, seperti meningkatkan keterampilan mereka, khususnya keterampilan dalam hal menjelaskan operasional system pembuatan interface menggunakan HMI.

 

Kata Kunci: Pelatihan pembuatan Human Machine Interface


Full Text:

PDF

References


Bukit, F. R. A., Syahputra, K. A., & Suherman, S. (2022). Perancangan HMI (Human Machine Interface) sebagai Pengontrol dan Pendeteksi Dini Kerusakan Kapasitor Bank Berbasis Plc. Journal of Energy and Electrical Engineering (JEEE), 3(2).

Darwin, D., Syaprudin, S., & Saepudin, E. (2018). Pelatihan Pemograman PLC Pada SMKN 1 di Cileungsi. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Eliza, F. (2021). Pelatihan Software Engineering PLC (Programmable Logic Controller) dan HMI (Human Machine Interface) di SMKN 1 SUTERA. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(1), 65-73.

Fadli, R., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan Jobsheet Trainer Motor Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 38-42.

Hakim, D. L., Somantri, Y., & Abdullah, A. G. (2018). Desain Dan Implementasi Modul Latih PLC Terintegrasi Dengan Human Machine Interface.

Mukhaiyar, R., Eliza, F., Setiawa, H., Irfan, D., & Faradian, N. (2021). Berbagi Ilmu dengan Guru-Guru SMKN-1 Pariaman Melalui Trainer Otomasi Industri Sorting Machine. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(3), 432-442.

Prasetyo, A. E. R. (2018). Perancangan Human Machine Interface Siemens Mini CNC MTU 200 Untuk Keperluan Pengawasan Dan Maintenance (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Purba, A. M., Purba, M., Pratiwi, A., & Simatupang, E. M. (2022). Bimbingan dan Penyuluhan Guru-Guru Paud di Paud El Shadday, Kec. Medan Deli, Kota Medan, Prov. Sumut. PUAN INDONESIA, 3(2), 213-218.

Shi, Q., Zhang, Z., Chen, T., & Lee, C. (2019). Minimalist and multi-functional human machine interface (HMI) using a flexible wearable triboelectric patch. Nano Energy, 62, 355-366.

Sun, Z., Zhu, M., & Lee, C. (2021). Progress in the Triboelectric Human–Machine Interfaces (HMIs)-Moving from Smart Gloves to AI/Haptic Enabled HMI in the 5G/IoT Era. Nanoenergy Advances, 1(1), 81-120.


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.