Pelatihan Emotional Intelligence untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah

M. Ahkam Alwi(1*), Ahmad Razak(2), Lukman Lukman(3), Muhammad Nur Hidayat Nurdin(4), Nurfitriany Fakhri(5),

(1) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(5) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v2i1.33841

Abstract


Abstrak. Permasalahan yang ada pada mitra adalah banyak siswa yang tidak disiplin di sekolah khususnya pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Oleh karena itu, pelatihan peningkatan kecerdasan emosi siswa merupakan upaya agar siswa dapat meningkatkan kedisiplinan di sekolah. Pemberian materi kecerdasan emosi diberikan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman. Metode pelatihan yang digunakan dengan metode bervariasi. Hasil kegiatan menunjukkan terdapat peningkatan persepsi kedisiplinan siswa sebelum pelatihan dan setelah pelatihan.

Kata kunci: kedisiplinan, kecerdasan emosi, siswa


Full Text:

PDF

References


Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh Kedisiplinan Siswa di Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa Teknik Pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238.

D Unaradjan. (2003). Manajemen disiplin. PT Grasindo.

Ekowarni, E. (2016). Kenakalan Remaja: Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan. Buletin Psikologi, 1(2), 24–27.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.

Santrock, J. . (2003). Adolescence perkembangan remaja, alih bahasa: Shinto B. Adelar, Sherly Saragih (Y. S. Wisnu C. Kristiaji (ed.); 6th ed.). Erlangga,.

Yantiek, E. (2014). Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(01), 22–31. https://doi.org/10.30996/persona.v3i01.366


Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.