Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru untuk Meningkatkan Profesionalitas Akademik Guru

M. Bachtiar(1*), Andi Nurocmah(2),

(1) Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i1.20351

Abstract


Abstrak. Tujuan kegiatan ini secara umum adalah membantu para guru dalam memberdayakan kemampuan dan keterampilan serta memotivasi guru untuk lebih profesional. Secara khusus program ini bertujuan yaitu: (1) untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru di Kec. Tellusiatinge Kab. Bone dalam membuat proposal penelitian; (2) untuk mengetahui pendapat guru-guru SMA Negeri Tellusiatinge Kec. Tellusiatinge Kab. Bone tentang mengenai manfaat kegiatan pelatihan membuat proposal penelitian sebagai salah satu syarat untuk menyusun karya ilmiah. Upaya mengatasi permasalahan yang dikemukakan sebelumnya, maka alternatif pemecahan masalah yang akan ditempuh sebagai berikut: (1) Mengadakan observasi awal atau orientasi lapangan mengenai masalah-masalah yang dihadapi oleh guru; (2) Mengadakan bimbingan pelatihan tentang penulisan karya ilmiah; (3) Memberikan petunjuk bagaimana membuat latar belakang masalah, membuat rumusan masalah, menyusun tujuan dan manfaat penelitian sampai menuliskan daftar Pustaka; (4) Memberikan kesempatan salah satu peserta untuk dibimbing tuntas menjadi proposal sebagai laporan kegiatan pelatihan dengan bimbingan setelah pelatihan berlangsung; (5) Mengadakan evaluasi, guna mengetahui tingkat pemahaman atau penguasaan keterampilan yang telah diberikan dalam bentuk memberikan kesempatan kepada mitra untuk menanyakan beberapa hal yang belum dipahami atau dimengerti, yang dilakukan setelah materi selesai. Berdasarkan hasil pengamatan selama berlangsungnya pelatihan, nampak sekitar 85% mitra pelatihan telah mampu memperlihatkan peningkatan yang signifikan sedangkan sisanya masih perlu mendapatkan pelatihan tambahan agar mereka bisa membuat proposal PTK yang benar. Hasil pengamatan tersebut didukung dengan hasil wawancara lepas dengan para mitra, sebagian besar mengatakan bahwa kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat buat mereka. Pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam pelatihan tersebut akan mereka aplikasikan baik secara individu maupun secara berkelompok untuk menghasilkan karya ilmiah yang dapat meningkatkan profesionalisme guru.

Kata Kunci: Karya Ilmiah. Penelitian Tindakan Kelas


Full Text:

PDF

References


Kusumah,W., & Dwitagama. (2009). Mengenal Pendidikan Tindakan Kelas. Jakarta: PT, Indeks

Madya,S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.

Pramswari, L. P. (2016). Persepsi guru SD terhadap penelitian tindakan kelas. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 53-68.


Article Metrics

Abstract view : 1226 times | PDF view : 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.