Penerapan Self Compassion untuk Mengatasi Konflik Organisasi

Widyastuti Widyastuti(1*), Nur Akmal(2), St. Murdiana(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/inovasi.v1i1.19947

Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Organisasi Siswa Pencinta Alam SMAN 14 Makassar (PASCAL 14 Makassar). Masalahnya adalah organisasi siswa pencinta alam SMAN 14 Makassar merupakan salah satu organisasi yang bergerak dalam kepencintaalaman dan lingkungan hidup, sejak organisasi ini didirikan hingga saat ini (2003-2020), organisasi tersebut belum mengalami kemajuan. Hal tersebut seringkali disebabkan karena gagal meghadapi konflik. Konflik tidak hanya terjadi antar anggota, tetapi juga konflik terjadi dengan alumni yang tergabung dalam ikatan pembina organisasi Pascal SMAN 14 Makassar. Metode yang digunakan adalah: pre and post tes, intervensi, dan refleksi. Hasil yang dicapai dalam pelatihan ini, self compassion dapat meningkatkan kecerdsasan emosi peserta pelatihan sehingga halĀ  tersebut dapat diterapkan dalam mengelolah dan mengatasi konflik organisasi di PASCAL 14 Makassar.

Kata kunci: Self Compassion, Kecerdasan Emosi, Konflik Organisasi.


Full Text:

PDF

References


Neff, K.D. 2009. The Role of Self-compassion In Development: A Healthier Way to Relate Oneself". Human Develompment 52: 211-214.

Neff, K & McGehee, P. 2009. Self-Identity, 225-240. Self-Compassion and Psychological Resilience Among Adolescents and Young Adlts. Psychological Press.


Article Metrics

Abstract view : 223 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.