Deskripsi Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Dimensi Tiga pada Kelas VIII

N. Nurrahmah(1*), D. Djadir(2), Ilham Minggi(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9491

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal dimensi tiga. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, maka dipilih subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII  yang dikategorikan menjadi subjek KF, subjek KK, subjek KO dan subjek KP. Untuk pengumpulan data, instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Subjek KF mengalami kesulitan fakta berkaitan dengan ketidakmapuan menginterpretasi hasil akhir yang diperoleh; (2) subjek KK mengalami kesulitan konsep berkaitan dengan ketidakmampuan mengidentifikasi contoh dan bukan contoh dari konsep dan ketidakmampuan menegaskan konsep-konsep. Ketidakmampuan mengidentifikasi terlihat dari ketidakmampuan subjek menjawab benar soal yang diberikan. Ketidakmampuan menegaskan terlihat dari keraguan subjek dalam memberikan alasan memilih dan tidak memilih gambar. Subjek KK juga mengalami kesulitan dalam membedakan bangun ruang prisma dan bangun ruang limas; (3) Subjek KO mengalami mengalami kesulitan operasi. Hal ini terlihat dari kesalahan subjek dalam melakukan operasi. Subjek KO salah dalam melakukan operasi berkaitan dengan urutan operasi dan cara menyelesaikan persamaan menggunakan pembagian; dan (4) Subjek KP megalalami kesulitan prinsip. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan subjek menentukan rumus yang sesuai dengan permasalahan yang diberikan. Subjek KP mampu menghapal rumus tapi tidak dapat menyesuaikan rumus dengan permasalahan.

Kata Kunci: Kesulitan, dimensi tiga.

Abstract. This research is a qualitative research, it amis to describe the students’ difficulties in solving three-dimensional problems on the flat-side material. By using purposive sampling technique, then the subjects in this research were 3 students on grade VIII, that is subject KF, subject KK, subject KO and subject KP. For data collection, the instruments used are diagnostic test and interviews. The results showed that (1) Subject KF having facts difficulty relating to the inability to interpret the final results obtained; identify examples and non-example of the concept and an inability to assert concepts, inability to further identify the subject seen from an inability to answer correctly questions provided. The inability of the subject confirms looks of doubt in giving the reasons selecting and deselecting the image. Subject KK also have difficulty in distinguishing geometrical geometrical prism and pyramid; (3) Subject KO having operating difficulty. This is evident from the subject mistake in conducting the operation. Subject KO wrong in doing operations related to the sequence of operations and how to solve equations using division; and (4) Subject KP having principle difficulty. This is evident from the inability of the subject determines the appropriate formula with the given problem. Subject KP capable of memorizing formulas but can not adjust the formula to the problem.

Keywords: difficulty, three-dimensional


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Alamsyah, M. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Dasar pada Siswa Kelas VIII MTsN Balang-balang. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Azizah, S. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika (Geometri) Siswa Kelas X di SMK Negeri 3 Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Candraningrum, E.S. (2010). Kajian Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Geometri Dimensi Tiga Kelas X MAN Yogyakarta I. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Januari, E. (2017). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan Bangun Ruang di SMP Kristen Maranatha Pontianak. Artikel Penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Mas’ud , S. (2010). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Analitik Ruang (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Matematika FMIPA UNM Makassar). (Skripsi). Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: