Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DMR (Diskursus Multi Representasi) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Mengkendek, Tana Toraja

Dyhonest Pigeon Fortune(1*), D. Djadir(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9483

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe DMR terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Mengkendek, Tana Toraja. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 5 Mengkendek Tahun Ajaran 2017/ 2018. Sampel diambil dengan metode cluster, dipilih 2 kelas unit sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan progam pengolahan data statistik SPSS. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1)keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe DMR sudah terlaksana dengan sangat baik, (2) keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional sudah terlaksana dengan sangat baik (3) hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Mengkendek pada kedua kelas dikategorikan tinggi, dimana pada kelas eksperimen yaitu VII A memperoleh skor rata-rata 85,74 dengan simpangan baku 8,49 dari skor ideal 100 dan pada kelas kontrol yaitu VII B memperoleh skor rata-rata 80,13 dengan simpangan baku 6,45 dari skor ideal 100. Hasil analisis inferensial menunjukkan hasil belajar (nilai posttest) siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DMR lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe DMR (Diskursus Multi Representatisi), Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Matematika

Abstract. This research is a quasi experimental research which aims to know the influence of cooperative learning model type multi representative discourse towards mathematics learning achievement of 7th grade students of SMP Negeri 5 Mengkendek, Tana Toraja.The population is students of SMP Negeri 5 Mengkendek academic year2017/2018. Sampling technique is cluster method, in this case selected 2 class as experimental class and control class. Data collection is observation sheet of learning implementation and test of mathematics learning achievement. Data analysis used SPSS statistical data processing program. The result of descriptive statistical analysis shows: (1) learning implementation by using cooperative learning model type multi representative discoursein very good category (2) the implementation of learning by using conventional learning model in very good category, (3) mathematics learning achievement of two classin high category, whereas in the experimental class obtained average score 85.74 with standard deviation 8.49 from the ideal score 100 and in the control class obtained average score 80.13 with deviation 6.45 from ideal score 100. The result of inferential analysis shows the learning achievement of students used cooperative learning model type multi representative discourse is higher than the result of student used conventional learning model.

Keywords: Influence, Cooperative Learning Model Type Multi Representative Discourse, Conventional Learning Model, Mathematics Learning Achievement


Full Text:

PDF

References


Ardianti. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Terbalik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Gerson. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi.Surabaya; Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur (YP3IT).

Gilang, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengetahui Profil Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Huda, M. (2013).Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovasi. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamim, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran DMR (Diskursus Multi Representasi) dengan Puzzle Kubus dan Balok untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Pokok Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII D SMP Muhammadiyah 8 Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015.(Skripsi, tidak dipublikasikan).Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.


Article Metrics

Abstract view : 533 times | PDF view : 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: