Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Nurfahmi Nur(1*), R. Rusli(2), Awi Dassa(3),

(1) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9480

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa  SMA Negeri di Makassar kelas XI MIPA 4. Responden penelitian dipilih berdasarkan analisis data tes ditinjau dari letak kesalahan berdasarkan langkah polya sebanyak 3 orang siswa. Pedoman yang digunakan untuk melakukan analisis jenis kesalahan adalah langkah pemecahan masalah Polya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara kemudian melalui tiga tahapan analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pada langkah pemahaman masalah siswa melakukan jenis kesalahan fakta, pada penyusunan rencana siswa melakukan jenis kesalahan konsep, pada pelaksanaan rencana siswa melakukan jenis kesalahan operasi dan prinsip, pada pengoreksian kembali siswa melakukan jenis kesalahan prinsip. Hasil menunjukkan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa yaitu pada langkah polya memahami masalah dengan jenis kesalahan fakta dan pada langkah polya mengoreksi kembali dengan jenis kesalahan prinsip. Hal ini disebabkan karena  kemampuan siswa dalam memahami simbol-simbol pada materi barisan dan deret aritmatika masih sangat kurang, siswa tidak terbiasa mengoreksi kembali jawaban yang diperoleh, dan siswa tidak terbiasa menuliskan kesimpulan akhir.

Kata kunci: kesalahan, soal cerita, barisan dan deret aritmatika

 

Abstract.This study aims to describe the errors made by the students in solving mathematics word problems of arithmetic sequences and series. This research type is qualitative descriptive. Subject this research is students of SMA Negeri in Makassar grade XIth MIPA 4. Respondents of this research are selected based on the analysis of the test data observed from the error location based on polya steps as much as 3 students. The guidelines used to perform the analysis of types of errors are the troubleshooting Polya steps. Data collection techniques using the method of test and interview then through the three stages of data analysis, namely the condensation of data, presentation of data, and withdrawal conclusion. The results of the research obtained that in understanding  the problem polya step the students do fact error type, in devising a plan polya step students doing the concept error type, in the step of polya carrying out the plan students perform the type of error operation and principle, in the step of polya looking back students do the kind of error principle. The results show that the errors that dominant students do that in the step of polya understanding the problem with this type of errors of fact and in the step of polya correcting back to the type of error principle. This is due to the ability of students in understanding the symbols on the row material and the arithmetic progression is still lacking, students are not accustomed to correcting back answers obtained, and students are not accustomed to write down the final conclusion.

Keywords: error, word problems, arithmetic sequences and series


Full Text:

PDF

References


Annisa, N. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Benteng dalam Menyelesaikan Soal Matriks. (Skripsi, tidak dipublikasikan).Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Huberman, M.(2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Karim,A. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Melibatkan Operasi Hitung Aljabar di MTs Nahdlatul Ulama’ Kertosono Sidayu Gresik. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Istitut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.

Kurniasari,I. (2013). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Materi Dimensi Tiga Kelas XI IPA SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (pp.326-329). Yogyakarta, Indonesia, UNY.

Sunarika. (2010). AnalisisKesalahan Siswa dalamMenyelesaikan Soal Faktorisasi SukuAljabar Ditinjau dari LangkahPemecahan Masalah Pada Siswa KelasVIII SMP Negeri 1 Baki Tahun Ajaran 2009/2010. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Widyarati, R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Komunikasi Matematika. (Skripsi, tidak dipublikasikan). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 1881 times | PDF view : 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: