Efektifitas Media Roda Bangun Datar dengan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write

Abdul Rahman(1*), B. Bernard(2), Annisa Audiningrum Sutarman(3),

(1) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, 90224
(2) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, 90224
(3) Jurusan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Makassar, 90224
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9479

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pre experiment yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran segitiga dan sgiempat berbantuan media roda bangun datar melalui model Think Talk Write siswa kelas VII SMP. Efektivitas pembelajar an dapat dilihat dari hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan respons siswa setelah pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP dengan unit eksperimen terdiri dari siswa kelas VII SMP.Penelitian ini dilaksanakan selama 7 pertemuan yang terdiri dari 1 pertemuan pretest, 1 pertemuan posttest, dan 5 pertemuan pemberian pembelajaran matematika dengan berbantuan Roda Bangun Datar melalui model Think Talk Write. Data tentang aktivitas siswa yang berkaitan dengan keterampilan kooperatif serta aktivitas guru dalam mengelolah pembelajaran diperoleh 1 orang pengamat yaitu guru pamong kelas tersebut. Pengamat aktivitas tersebut menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran, selain itu mengetahui tingkat hasil belajar siswa digunakan posttest. Adapun data respons siswa diberikan dengan menggunakan angket respons siswa yang diberikan pada akhir kegiatan pelaksanaan pembelajaran. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan skor hasil belajar siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dalam mengajar dan respons siswa. Dari hasil penelitian ini secara umum disimpulkan bahwa pembelajaran segitiga dan segiempat berbantuan media roda bangun datar siswa kelas VII SMP Bulukumba dikategorikan pembelajaran yang efektif.

Kata kunci: Efektivitas, Roda Bangun Datar, dan Think Talk Write

Abstract. The kind of this research is pre experiment research that aims to find out the effectiveness of Wheel Plane Media With Think Talk Write on The Topic of Triangle and Square of Grade VII Students of SMP. The effectiveness of learning can be seen from the results of students’ learning achievement, students’ activities, and students’ responses after the implementation of learning. This research was conducted in SMP with experimental unit consisting of grade VII students of SMP for giving treatment with the design of the research is one group pretest posttest design. The number of this research was 30 students. This research was carried out during 7 meetings which consist of 1 meeting of the pretest, 1 meeting of the posttest and 5 meetings of mathematics learning by using wheel plane media with Think Talk Write model. Data of students’ activities that related to cooperative skills and the teachers’ activities in the learning process have 1 observer that is the teacher of the class. The data were analyzed by using descriptive statistical analysis to describe the students’ learning achievement, students’ activities, teacher’s activities in teaching process and students’ responses. There was a significantly increase of students learning achievement after implementation of wheel plane media wiyh Think Talk Write model on triangle and square material. From the results of this research it can be concluded that wheel plane media with Think Talk Write model of grade VII students of SMP in effective category.

Keywords: effectiveness, wheel plane media, and Think Talk Write.


Full Text:

PDF

References


Arini, Z., & Abdul, H.R. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2, 127-136.

Djaya, R.M. (2013). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam Materi Geometri pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa.(Tesis,tidak diterbitkan). PPs UNM.

Ernayanti, L.G.D., Nyoman, D., & Desak, P.P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-10.

Fahryawan. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP Negeri 4 Sungguminasa. (Skripsi, tidak dipublikasikan).Universitas Negeri Makassar,Makassar.

Gerson. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur (YP3IT).

Hudojo, H. (1990). Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Tiro, M.A., & Ahmar, A.S. (2014). Penelitian Eksperimen : Merancang, Melaksanakan dan Melaporkan. Makassar, Andira Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 286 times | PDF view : 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: