Pengaruh Metode Probing Prompting Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa

Muhammad Shiddiqien Kuddus(1*), R. Ruslan(2), Awi Dassa(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9472

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengkaji: (1) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan metode Probing Prompting setting kooperatif pada kelas eksperimen; (2) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif pada kelas kontrol; (3) apakah metode Probing Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa kedua kelas; (4) seberapa besar tingkat hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Probing Prompting. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 6 kelas. Peneliti memilih dua kelas dengan menggunakan simple random sampling. Data diperoleh dari hasil observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil dari analisis statistika deskriptif adalah: (1) rata-rata hasil pretest dan posttest siswa yang diajar dengan metode Probing Prompting setting kooperatif dan model pembelajaran koperatif berturut-turut adalah: (i) 3.18 dan 64.76; dan (ii) 3.42 dan 52.35; (2) peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode Probing Prompting sebesar 64.76 dalam kategori sedang. Hasil dari analisis statistika inferensial adalah: peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan metode Probing Prompting setting kooperatif lebih besar dari peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif.

Kata Kunci: Probing Prompting, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar.

Abstract. This study is a quasi-experimental research that aims to identify: (1) student learning outcomes before and after applied cooperative Probing Prompting method in the experimental class; (2) student learning outcomes before and after applied cooperative learning model in the control class; (3) Probing Prompting method affected to student learning outcomes based on the increase of student learning outcomes from both classes; (4) the increase of mathematics learning outcomes of the students taught using Probing Prompting method. The population of this study is all students in grade X MIPA on six classes. The writer chose two classes using simple random sampling. The data were collected by using observation and test. The method of analyzing data used descriptive and inferential statistical analysis. The result of descriptive statistical analysis is (1) the average of pretest and posttest results of the students taught using cooperative Probing Prompting method and cooperative learning model are: (i) 3.18 and 64.76; (ii) 3.42 and 52.35; (2) the increase of mathematics learning outcomes of the students taught using Probing Prompting method is 64.76 classified as moderate category. The result of inferential statistical analysis is the increase of mathematics learning outcomes of the students taught using cooperative Probing Prompting method is greater than cooperative learning model.

Keywords: Probing Prompting, Cooperative Learning, Learning Outcames.


Full Text:

PDF

References


Gloria, R. Y. (2008). Efektivitas Teknik Probing dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMA (Tesis, tidak dipublikasikan). Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Hanggara, Y, & Alfionita, V. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Probing Prompting dan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Batam. PYTHAGORAS, 4(2). 1-11.

Lestari, Eka K., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Rachman, A. N., Amin, M., & Susilowati. (2013). Analisis Kesesuaian dan Keterlaksanaan Bahan Ajar Modul Biologi Kelas VIII Semester II di SMP Labolatorium UM. Online UM, 2 (3).

Ratumanan, T., & Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Rooijakkers, Ad. (1994). Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Safitri, A., Solihin I. H., & Titing R. (2015). Penerapan Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Antologi UPI, 3(2). 1-8.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Edusentris, 2 (3). 278 – 289.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suminto. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Solving pada Materi Pokok Lingkaran. e-DuMath, 1 (1). 64 – 72.

Winkel, W.S. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Sketsa.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: