Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar

W. Wawan(1*), Ahmad Thalib(2), Nurwati Djam'an(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9469

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai analisis pemahaman konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan gaya belajar siswa, untuk memenuhi tujuan tersebut dilakukan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dari penelitian ini terdiri dari enam orang. Keenam subjek penelitian tersebut dipilih berdasarkan kategori gaya belajar siswa kelas X  pada salah satu SMA di kabupaten Bulukumba. Dua subjek mewakili kategori gaya belajar visual (PAR dan MRK), dua subjek mewakili kategori gaya belajar auditorial (ARR dan HMY) dan dua subjek mewakili kategori gaya belajar kinestetik (MTA dan SZD). Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang didukung oleh instrumen yaitu kuesioner gaya belajar, tes pemahaman konseptual dan prosedural dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan subjek dengan gaya belajar visual dan subjek dengan gaya belajar auditorial telah memenuhi tiga indikator pemahaman konseptual. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu Subjek MTA memenuhi tiga indikator pemahaman konseptual, dan subjek SZD hanya memenuhi dua indikator pemahaman konseptual. Untuk pemahaman prosedural semua subjek tidak memenuhi indikator pengetahuan tentang algoritma, pengetahuan tentang teknik dan metode serta kriteria untuk menentukan kapan harus menggunakan prosedur yang tepat. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa tidak mempunyai hubungan dengan pemahaman konseptual dan proseduralnya.

Kata kunci: Pemahaman Konseptual, Pemahaman Prosedural, Gaya Belajar

Abstract. This Research aimed to obtain information about the analysis of student’s conceptual and procedural comprehending in solving mathematics problems based on learning styles, the aimed of this research was done by descriptive qualitative research. The subject of this research consists of six people. The six subjects were chosen based on the learning style category of students of class X in SMA Bulukumba. Two subjects represented visual learning style categories (PAR and MRK), two subjects represented auditory learning styles categories (ARR and HMY) and two subjects represented kinesthetic learning styles categories (MTA and SZD). Instruments in this research were the researchers itself as the main instrument supported by the instrument of learning style questionnaire, conceptual and procedural comprehending test and interview guidelines. The results of this research indicate that subjects with visual learning styles and subjects with auditory learning styles meet three indicators of conceptual comprehending. Whereas the subject with kinesthetic learning styles is the subject of MTA meet three indicators of conceptual comprehending and the subject of SZD meet only two indicators of conceptual comprehending. For procedural comprehending all subjects do not meet the knowledge indicators of the algorithm, knowledge of techniques and methods and criteria for determining when to use appropriate procedures. This suggests that the learning style of the students has no connection with their conceptual and procedural comprehending.

Keywords: Conceptual Comprehending, Procedural Comprehending, Learning Styles


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2012). Pentingnya Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Belajar Matematika. Malang: Universitas Islam Malang.

Adnan, M. dan Zakaria, E. (2012). Pengetahuan Konseptual Pecahan dalam Kalangan Bakal Guru Matematik. Jurnal Pendidikan Sains & Matematik Malaysia, 2(1). 12-22.

Anderson, O.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives). New York: Addision Wesley Longman, Inc.

Deporter, B. & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Khamudah, L. (2017). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Prosiding SI MaNIs, 1(1). 611-616.

Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2 (1). 98-108.

Nurmayaningsih. (2014). Analisis pemahaman tentang pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural pada materi bangun ruang siswa kelas IX SMP Ummul Mukminin Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Prashnig, B. (2007). The Power Of Learning Style: mamacu anak melejitkan prestasi dengan mengenali gaya belajarnya. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo pada Materi Statistika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Yudianto, E. (2013). Profil Pengetahuan Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Siswa dalam Mengidentifikasi Masalah Pecahan. AdMathEdu, 3(1). 27-33.

Zulfadli. (2016). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sengkang. Makassar: Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 2165 times | PDF view : 434 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: