Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa yang Diajar dengan Menerapkan Missouri Mathematics Project

N Nurjannah(1*), D. Djadir(2), Awi Dassa(3),

(1) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(3) Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/imed9463

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan mendeskripsikan dan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII 3 yang diajar dengan menerapkan model Missouri Mathematics Project. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII, dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 yang terdiri dari 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh siswa mampu memecahkan masalah matematika berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji hipotesis menunjukkan: 1) Nilai rata-rata postest siswa memenuhi nilai KKM yang ditetapkan yaitu lebih besar sama dengan 79. Ini berarti bahwa nilai rata-rata postest secara signifikan lebih dari 77,9; 2) Rata-rata nilai gain ternormalisasi melebihi kategori . Ini berarti bahwa nilai rata-rata gain ternormalisasi secara signifikan lebih dari 0,29; dan 3) Nilai postest  yang diperoleh siswa telah tuntas secara klasikal berdasarkan uji proporsi, Ini berarti bahwa ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project.secara signifikan lebih dari 0,849.

Kata kunci :Kemampaun Pemecahan Masalah, Model  Missouri Mathematics Project

Abstrack. This research was pre experimental research. The experimental design used was One-Group Pretest-Posttest Design which aims to describe and to know the problem solving ability of students of class VIII 3 was taught by applying the model of Missouri Mathematics Project of grade VIII 3. The population was the students of class VIII and the sample was class VIII 3 consisting of 30 students as an experimental class. Based on the results of research and discussion, students were able to solve mathematical problems based on indicators of mathematical problem solving ability. The result of hypothesis test shows: 1)The mean posttest score of the students meets the determined KKM value that is greater equal to 78. This means that the postest average value is significantly greater than 77.9; 2)The average normalized gain value exceeds the medium category. This means that the average value of the gain normalized significantly more than 0.29; and 3)The posttest score obtained by the students has been completed by classical test based on the proportion test. This means that the classical mastery of students' mathematical problem solving abilities after the applied learning model of the Missouri Mathematics Project is significantly more than 0.849.

Keywords: Problem-solving Abilities, Mathematical Missouri Mathematics Project model


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.

Suherman, E. (2001).Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung. JICA

Hardini, Israni dan Puspiasari, D. (2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Krismanto (2003). Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. PPPG Matematika. Yogyakarta.

Jannah, M. (2013). Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa pada Materi Fungsi SMK Kelas XI Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1). 61-66

Ansori, H (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). 49-58

Faradilla, N (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap Smp Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1). 67-74

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran di Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert E (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik,. Bandung: Nusa Media.

Sunawan. 2008. Pengaruh Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project terhadap Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP ditinjau dari Intelegence Quetiont (Disertasi, tidak dipublikasikan). UPI, Bandung.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Grasindo

Widdiharto, R. (2004). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: Depdiknas.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston : NCTM


Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Issues in Mathematics Education (IMED)



 Index by: